Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Saturday, 10 Jumadil Akhir 1442 / 23 January 2021

Mengenal Joana, Duta Gemari Baca dengan Segudang Prestasi

Jumat 18 Oct 2019 00:53 WIB

Red: Agung Sasongko

 Joana Zettira

Joana Zettira

Foto: Dok Dompet Dhuafa Pendidikan
Joana Zettira belum lama ini diundang ke Makassar untuk mengikuti Festival Literasi I

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Terpilih menjadi peserta terbaik dalam gelaran Residensi Penggiat Literasi di Lampung Selatan, Joana Zettira belum lama ini diundang ke Makassar untuk mengikuti Festival Literasi Indonesia dan Peringatan Puncak Hari Aksara Internasional. Joana yang juga menyandang gelar Duta Gemari Baca, mengaku dirinya masih terhitung baru dalam jagat literasi dan masih harus banyak belajar.

Meski demikian, ia terlibat aktif dalam berbagai komunitas yang bergerak dalam bidang literasi, sastra, dan pendidikan; diantaranya Sagasitas Research and Journal Center, Sagasitas Choir, Komunitas Pencinta Sastra Indonesia, Moco Buku Rame Rame (Mobura), Teater Teras Evi Idawati, dan Korwil Mentor Anak Juara.

“Mungkin ini belum ada apa-apanya, tapi saya berharap, apa yang saya lakukan dapat memberi manfaat untuk banyak orang. Sebab sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesamanya, ” tutur Joana.

Sebagai Duta Gemari Baca, Joana aktif mengampanyekan budaya membaca melalui beragam praktik literasi. Duta Gemari Baca merupakan program yang diinisiasi Dompet Dhuafa Pendidikan, kegiatannya menyasar anak muda sebagai konektor kebaikan untuk sesama.

Para Duta diberi serangkaian pembinan sehingga memiliki kapasitas dalam mengembangkan literasi di daerahnya. Aktivitas literasi yang dilakukan gadis kelahiran 13 Juni 1999 ini meliputi fun literacy activity, sharing literacy, story telling, dan lapak baca rutin.

Tak hanya aktif berorganisasi, Joana yang tercatat sebagai mahasiswa UIN Sunan Kalijaga juga telah menyabet berbagai kejuaraan sejak Sekolah Dasar hingga duduk di bangku perkuliahan. Tak hanya kejuaraan di tingkat regional, beberapa kompetisi nasional pernah ia raih.

Antara lain Juara 3 Story Telling FLS2N tingkat Provinsi DIY, Juara 2 Pidato Kependudukan BKKBN, Juara 3 Penulisan Naskah Drama Balai Bahasa Yogyakarta, Juara 1 Jejak Tradisi Budaya Regional di Banyumas, Juara 2 Jejak Tradisi Budaya Nasional di Sumatera Barat yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta sederet prestasi lainnya.

Sukses menggelar ajang Duta Gemari Baca Nasional, kini Dompet Dhuafa membuka kesempatan bagi generasi muda di D. I. Yogyakarta untuk bergabung menjadi Duta Gemari Baca Regional. Program ini hadir sebagai media komunikasi dan jejaring literasi untuk memajukan literasi di Indonesia dan DIY khususnya. Informasi pendaftaran dapat diakses melalui www.makmalpendidikan.net dan instagram @gemaribaca .

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA

 
 
 

TERPOPULER

Kamis , 01 Jan 1970, 07:00 WIB