Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Monday, 6 Sya'ban 1441 / 30 March 2020

Vina Panduwinata Kolaborasi dengan Musisi Kekinian

Jumat 18 Oct 2019 05:55 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Nora Azizah

Vina Panduwinata and Her Close Friends, saat jumpa pers IceFest Music Concert 2019, di Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

Vina Panduwinata and Her Close Friends, saat jumpa pers IceFest Music Concert 2019, di Jakarta Selatan, Kamis (17/10).

Foto: Republika/Farah Nabila Noersativa
Bertambah usia tidak membuat Vina sulit berkolaborasi dengan musisi muda.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bertambah usia tak lantas menjadi halangan bagi penyanyi senior, Vina Panduwinata untuk terus berkarya dan tampil di konser. Dengan merangkul banyak musisi muda, dia tengah mempersiapkan konsep musik yang kekinian yang bertajuk ‘Vina Panduwinata and Her Close Friends dalam sebuah konser ICEFESTIVAL Music Concert.

Ditemui di wilayah Jakarta Selatan, Kamis (17/10), Vina menyebut telah berkolaborasi dengan DJ Goeslan dan Ikmal Tobing (drum) selama sekitar satu tahun hingga dua tahun ke belakang. “Sebenarnya sudah lama ya, namun kali ini ada beberapa musisi anak muda lagi yang gabung, yaitu ada Icez pada bass, dan Rio Ricardo pada keyboard. Dan satu lagi penyanyi Ibeth Estrya, jebolan Indonesian Idol,” ungkap Vina.

Beberapa musisi tersebut memiliki latar belakang bermain musik dengan genre rock. Masing-masing dari musisi tersebut, menurut Vina, telah memiliki produknya masing-masing.

Vina mengaku tak masalah dengan hal itu. Dia menyebut, jika mereka bersatu dalam satu produksi, maka masing-masing jangan pernah menghilangkan diri masing-masing, dan terus beradaptasi kebersamaan.

“Pada saat latihan ya, Vina ingatkan Vina adalah penyanyi pop progressive. Sama Ibeth juga ada kolaborasinya. Vina mencoba untuk menyatukan, dan mereka mencoba mengerti sepeti apa sih Vina,” ungkap dia.

Pada awalnya, dia mengalami peningkatan konsep musik dari musik zaman dahulu yang berkembang menjadi musik modern, seperti dengan adanya penambahan sound DJ. Pelatun tembang Burung Camar ini juga mengalami peningkatan konsep dalam berbusana dan berpenampilan agar selalu terlihat fresh dan kekinian.

“Vina merasa tidak boleh belagu. Dulu mungkin Vina memang nomor satu ya, yang lebih tahu dari mereka. Tapi di zaman mereka, mereka yang lebih tahu,” ungkap Vina.

Musisi-musisi muda itu merupakan salah satu sodoran peningkatan konsep kekinian yang disodorkan oleh manajernya yang bernama Ine, yang tak lain adalah keponakannya sendiri. Konsepnya sendiri adalah lagu-lagu Vina sendiri dibalut dengan konsep yang lebih kekinian.

Vina tak lantas menerima. Pada awalnya, dia merasa tak nyaman dan lelah saat menyanyikan musik yang telah dilakukan aransmen ulang itu. Para penggemar Vina pun pada awalnya juga merasa tak nyaman dengan apa yang dibawakan oleh Vina.

Akan tetapi, perempuan berusia 60 tahun itu merasa, lama kelamaan para penggemar menerima Vina yang gemar berjoged di panggung dengan nuansa musik yang berbeda dengan aslinya. “Itu berarti musik itu tidak pernah mengenal usia. Musik itu bisa dinikmati oleh semua umur, asalkan kita bisa menerima nikmat musik,” ungkap Vina.

Semenjak itu pun, Vina merasa pendengar Vina dari kalangan muda pun menerima Vina dan senang dengan musik Vina. Dia pun berharap, ke depan, aransmen baru mereka bisa masuk di dapur rekaman.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA