Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Rabu, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Mahasiswa IPB University Lakukan Bina Desa

Rabu 16 Okt 2019 21:30 WIB

Red: Irwan Kelana

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO)  IPB University mengadakan bina desa yang diselenggarakan di Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat.

Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO) IPB University mengadakan bina desa yang diselenggarakan di Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat.

Foto: Dok IPB University
Program ini juga mencakup pemberdayaan para ibu rumah tangga dan anak.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Salah satu peran yang bisa dilakukan mahasiswa adalah melakukan pengabdian kepada masyarakat. Memenuhi peran ini, Himpunan Mahasiswa Biologi (HIMABIO)  IPB University mengadakan bina desa yang diselenggarakan di Desa Cihideung Ilir, Bogor, Jawa Barat, dalam wadah kegiatan Application of Biology for Community (ABIOTIC).

ABIOTIC merupakan program inisiasi dari Divisi Bioworld HIMABIO. Program ini dilaksanakan dari April hingga September 2019.  

Saidah, ketua Divisi Bioworld mengatakan bahwa sebelumnya HIMABIO IPB University memiliki program serupa dengan bina desa yang dilakukan rutin setiap tahun dengan wilayah desa dilakukan secara bergantian.  “ABIOTIC dirancang sebagai program bina desa mahasiswa Biologi dalam jangka panjang,” kata Saidah dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Rabu (16/10).

Sebanyak delapan kali pertemuan dengan warga, jelas Saidah, enam kali pengenalan medan. Saidah menjelaskan bahwa tahun pertama bina desa memang lebih baik menguatkan hubungan antarmahasiswa dan warga.

Dua program terakhir adalah pemberdayaan para ibu rumah tangga dan anak untuk mendaur ulang sampah menjadi barang yang dapat dipakai. Mereka memakai botol plastik, kardus bekas,  dan biji saga. Pertemuan penutup diisi dengan konsultasi gizi gratis yang diisi oleh Himpunan Mahasiswa Gizi (Himagizi) IPB University.

Diakui Saida, kendala tentu ditemui. Kata mahasiswa IPB University ini  bahwa sulit untuk menarik massa, tapi mereka cukup senang karena antusiasme warga dalam menyambut mahasiswa. ”Harapannya program ABIOTIC dapat berjalan hingga tahun-tahun ke depan dan menggali lebih banyak potensi Sumber daya di Cihideung Ilir,” ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA