Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Minggu, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 Desember 2019

Leclerc Mengaku Salah Tabrak Verstappen di GP Jepang

Selasa 15 Okt 2019 17:08 WIB

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Pembalap Red Bull, Max Verstappen.

Foto: EPA/Valdrin Xhemaj
Verstappen gagal finis dan kehilangan poin.

REPUBLIKA.CO.ID, SUZUKA -- Charles Leclerc mengaku salah dalam insiden di lap pertama dengan pembalap Red Bull Honda, Max Verstappen pada GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Ahad (13/10). Sebab, hal itu harus dibayar mahal oleh Verstappen gagal finis dan kehilangan poin.

Baca Juga

Penyelenggara Formula Satu (F1) pun memberi sanksi pengurangan catatan waktu sebanyak lima detik kepada pembalap asal Monako tersebut. 

Setelah balapan usai, penyelenggara juga menambah sanksi dengan memberi penalti 10 detik pada Leclerc karena timnya tak mengindahkan perintah Federasi Otomotif Internasional (FIA) untuk meminggirkan mobil Leclerc di akhir lap pertama. 

Alhasil, Leclerc yang sejatinya finis di posisi keenam harus rela turun satu peringkat ke urutan ketujuh. Sementara rekan setimnya, Sebastian Vettel berhasil naik podium karena merebut posisi kedua.

"Itu balapan yang sulit. Saya membuat kesalahan di awal dengan membentur Max (Verstappen) di tikungan pertama, sehingga mempengaruhi hasil balap kami," kata Leclerc dalam laman GPBlog. 

Setelah insiden itu, Leclerc mengaku hanya bisa melanjutkan balapan dengan kondisi sayap mobil yang hancur setelah menabrak Verstappen. Pit stop menjadi kesempatannya untuk mengganti bagian yang rusak dan kembali memburu tempat terdepan.

Ia pun terpaksa harus rela finis di papan tengah setelah merangsek dari baris belakang. Leclerc mengakui, finis di urutan keenam bukanlah hasil yang diinginkannya. 

"Ini menjadi akhir pekan yang berbeda, tetapi saya masih melihat kesempatan pada seri balap selanjutnya," ujar dia.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA