Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Warga Bogor Ciptakan Alat Peringatan Dini Banjir

Selasa 15 Oct 2019 06:45 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Alat peringatan dini banjir

Alat peringatan dini banjir

Warga Bogor yang ciptakan alat peringatan tergabung dalam Kelurahan Tangguh Bencana

BOGOR, AYOBANDUNG.COM--Warga Kelurahan Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor melahirkan sebuah inovasi berupa alat peringatan dini banjir.

Lurah Panaragan Manan Tambubolon mengatakan bahwa inovasi tersebut diciptakan oleh sejumlah warga yang tergabung dalam Kelurahan Tangguh Bencana (Katana) tingkat kelurahan dan kecamatan.

"Alat peringatan dini banjir ini juga kerjasama dengan BPBD. Tujuan dari alat tersebut adalah untuk peringatan dini banjir di bantaran sungai Cisadane yang di wilayah panaragan, itu melewati 3 RW," ujar Manan saat dihubungi melalui ponsel, Senin (14/10).

Manan mengatakan alat peringatan dini banjir ini berupa sirene yang bekerja secara manual dibantu oleh operator yang memantau kondisi luapan air sungai Cisadane.

"Jika air sungai Cisadane sudah mencapai titik tertentu, maka operator akan menyalakan sirine yang menjadi peringatan bagi warga untuk mengungsi ataupun menyelamatkan diri," kata Manan.

Inovasi yang dihasilkan ini kata Manan memberikan mamfaat bagi warga sekitar sebab Kelurahan Panaragan sendiri merupakan salah satu daerah yang rawan banjir khususnya yang berada di pinggir aliran sungai Cisadane.

"Alat peringatan dini banjir ini saat ini baru satu unit yang dipasang sejak tahun 2018 di salah satu rumah warga di RW 7 karena memang wilayah itu rawan banjir karena berada di dekat Sungai Cisadane," tukas Manan.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA