Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Shalat di Luar Angkasa? Ini Cerita Astronot Arab

Selasa 15 Oct 2019 05:11 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Gimana Cara Salat di Luar Angkasa? Begini Cerita Astronot Arab . . . .. (FOTO: Yuri Kochetkov/EPA)

Gimana Cara Salat di Luar Angkasa? Begini Cerita Astronot Arab . . . .. (FOTO: Yuri Kochetkov/EPA)

Ini cerita astronot Arab yang baru kembali dari luar angkasa, Hazzaa Al Mansoori.

Pernahkah Anda bertanya-tanya, bagaimana rasanya dan cara shalat di luar angkasa? Astronot Arab yang baru saja kembali dari luar angkasa, Hazzaa Al Mansoori, membagikan ceritanya tentang hal itu.

Baca Juga

Saat berada di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), Hazzaa mengelilingi Bumi tiap 90 menit sekali. Artinya, ia menyaksikan 16 matahari terbenam dan matahari terbit tiap hari. 

Satu hari di Stasiun Luar Angkasa sama dengan 90 menit ekuivalen, ini berbeda dengan 1 hari di Bumi sama dengan 24 jam. Tata cara shalat lima waktu selama 90 menit (sehari di luar angkasa itu) tertuang dalam buku panduan berjudul Estimating Prayer and Fasting Times for ISS Astronauts.

Lalu, berapa kali Hazzaa harus shalat dan bagaimana tata caranya? Sebelum ia terbang ke luar angkasa, Kantor Urusan Islam Dubai memberikan buku panduan kepada astronot itu.

“Di luar angkasa, astronot direkomendasikan untuk mengikuti waktu shalat Makkah, Arab Saudi,” kata Kantor Urusan Agama Islam Dubai, dikutip dari Gulfnews, Senin (14/10/2019).

Baca Juga: Bumi Bulat atau Datar? Astronot Arab Ini Ungkap Kebenarannya, Simak!

Selain itu, Hazzaa pun dianjurkan untuk menghadap ke Bumi ketika menunaikan kewajiban 5 waktunya di ISS. “Sebagai pilot profesional, saya terbiasa berdoa sambil terbang dengan kecepatan tinggi,” ujar astronom Arab pertama itu.

Sebab, meski berada di luar angkasa, Hazzaa masih wajib melaksanakan ibadah tersebut. Berdasarkan keterangannya sebelum meluncur selama 8 hari ke ISS, ia berniat untuk melaksanakan jamak terhadap shalatnya ketika sudah kembali ke Bumi.

Ia mengaku sangat senang dan bahagia bisa menjalankan ibadah shalat di luar angkasa.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA