Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Monday, 21 Rabiul Awwal 1441 / 18 November 2019

Lewat Kreasi Nusantara, Shopee Ekspor Produk Lokal ke Global

Senin 14 Oct 2019 18:16 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Lewat Kreasi Nusantara, Shopee Ekspor Produk Lokal ke Global. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Lewat Kreasi Nusantara, Shopee Ekspor Produk Lokal ke Global. (FOTO: Bernadinus Adi Pramudita)

Produk-produk Indonesia nantinya akan dijual Shopee ke Malaysia dan Singapura

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Anak usaha Sea Company Ltd, Shopee hari ini (14/10/2019) resmi meluncurkan Kreasi Nusantara, yakni program untuk menjual produk lokal ke pasar global. Produk-produk Indonesia nantinya akan dijual ke Malaysia dan Singapura sebagai tahap pemasaran awal.

"Saya mau mengumumkan bahwa kami resmi meluncurkan program Kreasi Nusantara dari lokal untuk global. Kami akan mulai di dua negara dulu, Singapura dan Malaysia," ujar Direktur Shopee Indonesia Handika Jahja di Grand Hyatt Jakarta.

Program Kreasi Nusantara nantinya akan merambah ke beberapa negara lain, seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan Taiwan, tempat di mana Shopee beroperasi. Dari program Kreasi Nusantara ini sendiri, ada sebanyak 5 ribu produk dari usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang akan diekspor ke dua negara tersebut.

Baca Juga: Kata Mendag, Ini PR Besar Perusahaan E-Commerce

"Kami bangga sudah memiliki 5 ribu produk lokal yang akan diekspor ke Singapura dan Malaysia," ujar Handika.

Program Kreasi Nusantara juga berupaya meminimalisasi kesulitan pelaku usaha dalam melakukan ekspor produk dengan mengadakan pelatihan kepada partisipan program.

"Jadi, salah satu kesulitan untuk menjual secara ekspor ini dari sisi edukasi, juga bagaimana kami bisa mengajarkan penjual apa saja yang diperlukan sebelum menjual barangnya ke luar negeri dari segi SLA-nya (servive level agreement), logistiknya, pembayarannya," jelas Handika.

Program pelatihan ini disebut Handika sudah dilakukan partisipan sejak Maret 2019. Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita juga menyebut peran e-commerce dapat meningkatkan ekspor Indonesia.

"Kami sadar potensi pergerakan ekonomi dapat lebih berkembang dengan dukungan dari platform e-commerce di Indonesia. Salah satunya dengan upaya memanfaatkan perkembangan tersebut melalui e-commerce untuk meningkatkan ekspor Indonesia," kata Enggartiasto di tempat yang sama.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA