Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Sunday, 11 Rabiul Akhir 1441 / 08 December 2019

Berdayakan Peternak, Dompet Dhuafa Kerja Sama dengan TaniHub

Senin 14 Oct 2019 14:37 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Gita Amanda

Salah satu kandang para peternak di Desa Tafasoho binaan Dompet Dhuafa.

Salah satu kandang para peternak di Desa Tafasoho binaan Dompet Dhuafa.

Foto: Republika/Karta Raharda Ucu
Kolaborasi tersebut berupa pembiayaan berkonsep bagi peternak hewan kurban binaan DD.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lembaga filantropi Dompet Dhuafa, bekerja sama dengan startup agritech, TaniHub Group di bidang social enterprise untuk memberdayakan peternak melalui inovasi teknologi, Senin (14/10). TaniHub Group menjalankan inisiatif tersebut melalui PT Tani Fund Madani Indonesia (TaniFund), salah satu unit bisnisnya yang bergerak dalam layanan peer-to-peer lending untuk pertanian.

Kolaborasi tersebut berupa pembiayaan berkonsep bagi peternak hewan kurban binaan Dompet Dhuafa (DD), melalui platform crowdfunding TaniFund. Dengan teknologi tersebut, kedua pihak mencoba mengembangkan kapasitas para peternak di Indonesia.

"Hasil dari kerja sama ini program pembiayaan khusus dari Tanifund untuk pemberdayaan kelompok ternak kambing, jaringan mitra Dompet Dhuafa," kata Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa, Imam Rulyawan, di Jakarta, Senin.

Peran kelompok atau sentra ternak yakni memberdayakan peternak binaan, dan mengoptimalkan hasil produksi. Pada tahap awal, program dilaksanakan untuk 25 kelompok ternak di pulau Jawa, Sumatera dan Flores dengan target 50 ribu hewan ternak, yang akan diserap melalui program Tebar Hewan Kurban (THK) Dompet Dhuafa.

"Satu kelompok peternak permodalan untuk 2.000 ekor kambing. Dampaknya akan memberikan peningkatkan kapasitas ternak, yang selama ini pengadaannya 100-200 ekor menjadi lebih besar, kapasitas meningkat, pendapatan meningkat, kesejahteraannya meningkat, harapannya itu," ucap Imam.

CEO dan Co-Founder TaniHub Group, Ivan Arie Sustiawan beserta Dompet Dhuafa menandatangani perjanjian kerja sama di kantor pusat TaniHub Group, di CoHive 101 di Jakarta. Perjanjian tersebut merupakan kelanjutan dari nota kesepakatan (Memorandum of Understanding/MoU) antara kedua belah pihak yang telah ditandatangani pada Juli yang Ialu.

"Kerja sama ini merupakan inisiatif baru kami bersama Dompet Dhuafa untuk memberdayakan para peternak di Indonesia, yang juga sejalan dengan salah satu pilar kami, yaitu Social Impact. TaniFund dapat menjadi solusi bagi petani dan peternak untuk mendapatkan akses kepada keuangan sehingga mereka dapat mengembangkan usaha mereka lebih baik Iagi. Kami berharap dapat terus menciptakan inovasi bersama Dompet Dhuafa untuk menciptakan kebaikan bagi masyarakat banyak,"ucap Ivan.

Selama 26 tahun kiprahnya di dunia filantropi, Dompet Dhuafa memiliki perhatian salah satunya yaitu, membangkitkan gairah perekonomian melalui pertanian dan peternakan Indonesia. Dalam menapaki perjalanan tersebut, kerja-kerja pemberdayaan terus bergulir dan membuahkan kolaborasi dengan berbagai pihak.

Baca Juga

Di era kemajuan teknologi dan digitalisasi serta pesatnya laju perekonomian di era digital, Dompet Dhuafa memilih berkolaborasi dengan TaniFund agar ke depannya pertanian dan peternakan Indonesia dapat sejajar dengan negara-negara di Asia Pasifik maupun dunia. Pemilihan kolaborasi Dompet Dhuafa tidak Iepas dari terdaftarnya TaniFund di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan diawasi oieh regulator tersebut.

"Seiring dengan perkembangan dunia digital, kolaborasi memberdayakan peternak mandiri dalam upaya membangun negeri menjadi satu keniscayaan untuk menciptakan Social Enterprise, sehingga peternak dapat merasakan dampaknya secara langsung. Dompet Dhuafa dan TaniFund berkolaborasi, berinovasi dengan teknologi terkini, untuk menjangkau semua kalangan. Selain itu, melalui kolaborasi ini, kami mengajak dan mengajarkan kepada para peternak untuk mengelola usahanya secara profesional," papar Imam.

Sebelumnya TaniHub Group telah memulai kolaborasi perdananya dengan Dompet Dhuafa melalui program pengadaan hewan kurban untuk menyambut musim ibadah haji dan hari raya Idul Adha pada 11 Agustus 2019 lalu. Melalui program Dompet Dhuafa bertajuk "Tebar Hewan Kurban", yang telah bergulir sejak 1994, platform e-commerce pertanian TaniHub menyediakan opsi tambahan untuk pembelian hewan kurban, yaitu kambing dan sapi, di aplikasinya. Sehingga melalui gawai pintar, masyarakat dapat menyalurkan hewan kurban hingga sebulan jelang Idul Adha. Selama program tersebut berjalan, donasi sebesar 2,5 persen otomatis masuk melalui Dompet Dhuafa untuk setiap transaksi di aplikasi TaniHub.

Di masa depan, kedua belah pihak akan mengeksplorasi potensi-potensi kerja sama lainnya di bawah payung MoU. Bentuk-bentuk kerja sama tersebut terkait dengan penyelenggaraan program sosial yang berbasis edukasi, dan kegiatan-kegiatan lainnya yang disepakati oleh kedua belah pihak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA