Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Jumat, 18 Rabiul Awwal 1441 / 15 November 2019

Berniat Beli Mobil? Simak Tips Ini! (2-Habis)

Senin 14 Okt 2019 06:07 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Nora Azizah

Jual beli atau kredit mobil (ilustrasi).

Jual beli atau kredit mobil (ilustrasi).

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Sejumlah pertanyaan juga harus diajukan ke diri sendiri sebelum membeli mobil.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembelian mobil adalah salah satu pembelian dengan anggaran terbesar setelah rumah. Tapi, rata-rata usia ekonomis sebuah mobil hanya sekitar 5 hingga 10 tahun. Sehingga, ada sejumlah hal yang harus ditanyakan kepada diler mobil sebelum deal.

Dilansir dari Go Banking Rate pada Senin (14/10), sebelum bertransaksi, harus dipastikan dulu soal apa yang kita bayar, perlindungan apa saja yang diperoleh dan berapa anggaran perawatan yang diperlukan.

Vice president of strategic initiatives TrueCar, Alain Nana-Sinkam mengatakan, sebelum ke diler, ada beberapa hal yang harus ditanyakan pada diri sendiri.

Kemudian, ia juga menyarankan untuk menanyakan rincian terkait garansi. Sebelum jatuh hati pada sebuah produk, harus dipastikan kerusakan apa sajakah yang dapat diklaim lewat kesepakatan garansi yang dijanjikan.

Selanjutnya, tanyakan soal besaran biaya perawatan rutin. Sebaiknya, kita harus tau berapa anggaran yang perlu disiapkan untuk melakukan servis rutin, penggantian oli, penggantian ban dan penggantian rem. Hal ini perlu dipastikan sehingga kita dapat memperkirakan berapa anggaran yang diperlukan untuk membuat mobil tersebut tetap nyaman dan aman selama beberapa tahun kedepan.

Selanjutnya, tanyakan soal asuransi yang dapat kita peroleh. Kebanyakan biaya asuransi memang tidak tercakup dalam harga mobil. Tapi, tanyakan saja berapa tambahan biaya yang diperlukan agar mobil tersebut mendapat perlindungan dari asuransi.

Selain itu, tanyakan juga apakah diler tersebut memiliki layanan buyback. Jika ada, maka diler tersebut dapat membeli kembali mobil tersebut setelah beberapa tahun kita gunakan. Tapi, pastikan lagi kisaran harga buyback yang ditawarkan oleh diler tersebut. Mengingat, beberapa diler memiliki range harga buyback yang berbeda-beda.

Kemudian, hal berikutnya yang perlu dipastikan adalah soal rincian pembelian. Lewat rincian ini, kita dapat melihat hal apa saja yang masuk dalam tagihan. Jika ternyata ada aksesoris yang tidak kita perlukan tapi masuk dalam rincian itu, maka coba tanyakan apakah hal itu dapat dihapus dari rincian sehingga kita dapat membayar untuk yang benar-benar kita butuhkan saja.

Setelah mulai mantap dengan produk yang akan dibawa pulang, tak ada salah nya untuk kembali melakukan negosiasi harga sebelum melakukan transaksi. Pastikan apakah masih ada potongan harga yang mungkin dapat ditetapkan untuk memangkas harga mobil.

Atau, pastikan lagi apa mungkin ada opsi lain agar bunga cicilan mobil bisa lebih diringankan. Setelah itu, pastikan lagi apakah ada cashback yang didapat setelah transaksi dilakukan.

Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA