Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Kemenhub Siapkan Pembangunan KA Bandara Lampung

Ahad 13 Oct 2019 09:36 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ani Nursalikah

Bandara Radin Inten Lampung

Bandara Radin Inten Lampung

Foto: dok Radin Inten
Kereta bandara Lampung akan dikembangkan paling lambat 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memastikan sedang menyiapkan pembangunan kereta api (KA) menuju Bandara Radin Inten II. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal tersebut dilakukan untuk mengembangkan transportasi dari dan menuju bandara di Lampung.

“Untuk kereta bandara Lampung akan dikembangkan paling lambat 2021,” kata Budi, Sabtu (12/10).

Dengan adanya KA bandara, Budi menilai akan mempersingkat waktu tempuh penumpang dari Bandar Lampung ke Radin Inten. Menurutnya, jarak tempuh untuk rute tersebut selama satu jam diharapkan bisa kurang dengan adanya KA bandara.

Meskipun begitu, Budi menuturkan untuk menyiapkan pembangunan KA bandara di Lampung harus melalui beberapa proses terlebih dahulu. Budi mengatakan salah satunya masih menunggu rolling stock dari PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Dia menambahkan, Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dapat memberi usulan bagi pengembangan prasarana transportasi di daerah lain juga. Budi mengatakan yang dapat dikembangkan lebih lanjut seperti Bandara Mohammad Taufik Kiemas (Pekon Serai, Krui, Pesisir Barat Lampung) atau Bandara Gatot Subroto, Way Kanan, Lampung.

Saat ini, pengelolaan Bandara Radin Inten II Lampung sudah diberikan kepada PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) dengan skema pemanfaatan Barang Milik Negara (BMN). Dengan kerja sama tersebut diharapkan nantinya kinerja pengelolaan bandara tersebut lebih meningkat.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA