Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Keutamaan dan Cara Mudah Menghafal Alquran untuk Pemula

Sabtu 12 Oct 2019 21:56 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Ilustrasi Anak membaca Alquran

Ilustrasi Anak membaca Alquran

Foto: Republika/Tahta Aidilla
Keutamaan menghafal Alquran bagus untuk kemuliaan penghafal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Pakar Alquran Dr KH Ahsin Sakho Muhammad, menyatakan ada beberapa keutamaan bagi penghafal Alquran. Berbagai keutamaan itu, yakni kecerdasan otak, kecerdasan spiritual, ikut memelihara Alquran, mendapat syafaat, memberi mahkota kemuliaan bagi orang tua di surga, serta mendapat derajat tinggi. 

Baca Juga

Kiai Ahsin yang juga mantan rektor Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta ini, mengatakan dari sisi keilmuan, menghafal Alquran bisa membuat penghafal menguasai kosakata bahasa Arab, ayat-ayat hukum, macam-macam topik, kata-kata hikmah, dan lainnya.     

Lantas bagaimana langkah sederhana memulakan menghafal Alquran? Kiai Ahsin menjelaskan, menghafal Alquran bisa dimulai dari ayat maupun juz mana saja tergantung kemauan. Tidak harus berurutan dari juz pertama. "Banyak orang biasanya mulai dari juz-juz akhir, seperti 30, 29, 28, 27. Alasannya, karena ayatnya pendek-pendek, tapi banyak pula yang dari juzjuz awal," tutur KH Ahsin.   

Agar tidak kesulitan menghafal Alquran, dia mengingatkan perlu ada keikhlasan, tekad, istiqamah, doa, serta tawakal dalam diri. Dengan begitu, menghafal kitab Allah tersebut dapat lebih mudah.     

Penemu metode 30 menit lancar membaca Alquran, Ustaz Achmad Farid Hasan menyebutkan beberapa cara menghafal Alquran bagi pemula. "Paling efisien dan efektif bagi pemula, yakni cukup sediakan waktu, sehari setengah jam," kata dia. 

Selama setengah jam, satu ayat Alquran bisa dihafal. Jadi, dalam waktu satu jam, dua ayat sudah dapat dihafal. Ustaz Farid mengaku pernah menggunakan cara itu saat masih tinggal di pon dok pesantren. Setiap hari, dia menyediakan waktu minimal se tengah jam untuk menghafal Alquran. 

Supaya hafalan tidak mudah hilang, hafalan sebelumnya harus diulang kurang lebih lima kali. "Misalnya, sudah menghafal surah al-Baqarah ayat 1, menuju ayat 2, ayat 1 tersebut harus diba ca lagi, diulang lagi. Selanjutnya menuju ayat 3, ayat 1 dan 2 di ba ca lagi, begitu seterusnya, lama-lama akan hafal sendiri," kata Ustaz Farid. 

Dia mengungkapkan, banyak orang berpikir menghafal Alqur an sulit. Padahal, tidak sama sekali. "Allah telah mudahkan dan Allah jamin Alquran mudah un tuk dipelajari dan dihafalkan. Jadi, nggak ada yang sulit, menghafal juga mudah," ujarnya menegaskan. 

Anak umur lima tahun saja, kata dia, sudah bisa menghafal Alquran, apalagi orang dewasa. Hal itu karena ba hasa Alquran tidak serumit yang dibayangkan. "Lebih sulit mate matika dibandingkan membaca Alquran," ujar Ustaz Farid. 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA