Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Kamis, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 Desember 2019

Laga Inggris Vs Republik Ceska Diwarnai Kericuhan

Sabtu 12 Okt 2019 11:01 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Para fan timnas Inggris di Praha, Ceska.

Para fan timnas Inggris di Praha, Ceska.

Foto: EPA-EFE/MARTIN DIVISEK
Sebanyak 20 orang diamankan dan dua orang dibawa ke rumah sakit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fan Inggris bentrok dengan polisi Ceska saat tim nasional Inggris kalah 1-2 dari Republik Ceska pada laga Grup A Kualifikasi Euro 2020 di Stadion Sinobo, Praha, Sabtu (12/10) dini hari WIB. Sebanyak 20 orang diamankan dan dua orang dibawa ke runah sakit setelah bentrokan antara pendukung tim tamu dan kepolisian setempat.

Baca Juga

Dikutip dari Goal, Sabtu (12/10), sebelumnya para fan tersebut mendapat peringatan dari pihak kepolisian karena mendirikan lapak dagang di sebuah alun-alun Kota Tua sejak sebelum pertandingan dimulai. Namun, karena peringatan tersebut tidak diindahkan, pihak berwenang pun datang, bersenjata dan mengenakan perlengkapan anti huru-hara. Para fans yang berkunjung merespons dengan melemparkan botol ke polisi, yang pada gilirannya meluncurkan granat kejut pada mereka.

Sekitar 12 penggemar terjepit di sudut dan dipaksa menyerah. Laporan menunjukkan ada 20 penangkapan, dan dua orang terluka. Namun belum diketahui sejauh mana cedera itu. Memang ada kekhawatiran sejak sebelum pertandingan dimulai dan reputasi Praha sebagai kota pesta berpotensi menimbulkan masalah dengan fan Inggris.

The Three Lions memiliki masalah dalam beberapa tahun terakhir di Eropa, dengan insiden serupa terlihat di Amsterdam, Porto dan Dortmund. Pada laga kali ini, tercatat 3.800 fans yang membeli tiket untuk pertandingan, namun tercatat fan yang melakukan perjalanan ke Inggris lebih banyak dari itu. Belum ada pernyataan apakah mereka yang ditahan memiliki tiket pertandingan, yang dimenangkan Republik Ceska dengan skor akhir 2-1.

Ini menjadi kekalahan perdana Inggris pada Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020. Kekalahan ini sekaligus menjadi yang pertama bagi Inggris dalam 43 pertandingan kualifikasi Piala Eropa dan Piala Dunia yang berlangsung selama 10 tahun. Terlebih, hal ini membuat Inggris tertunda memastikan tiket putaran final Euro 2020. 

Timnas Inggris memang masih memuncaki klasemen dengan 12 poin dari lima pertandingan. Namun Ceska menempel di poaiai kedua dengan poin yanh sama, tapi kalah selisih gol dan sudah memainkan enam laga. 

Inggris masih dapat lolos kualifikasi jika mereka berhasil mengalahkan Bulgaria pada Selasa (15/10) dini hari WIB, di samping itu Inggris juga harus menunggu hasil pertandingan antara Kosovo melawan Montenegro, posisi Inggris aman jika Kosovo tidak mengalahkan Montenegro.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA