Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Tuesday, 15 Rabiul Awwal 1441 / 12 November 2019

Pembebasan Lahan Kereta Cepat Jakarta-Bandung Hampir Rampung

Jumat 11 Oct 2019 10:20 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolanda

Sejumlah petugas mengamati replika Kereta Cepat di Casting Yard 1 KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Sejumlah petugas mengamati replika Kereta Cepat di Casting Yard 1 KM 26 Tol Jakarta-Cikampek, Cikarang Utama, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Senin (30/9/2019).

Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
KCIC masih menunggu keputusan pengadilan terkait sisa pembebasan lahan tersebut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengungkapkan pembebasan lahan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan selesai sebentar lagi. Chandra memastikan hanya satu persen lagi lahan yang belum dibebaskan.

"Lahan tinggal sedikit lagi. Jadi banyaknya di konsinyasi, itu di pengadilan," kata Chandra di Gedung Kemenhub, Kamis (10/10).

Dia mengatakan saat ini KCIC masih menunggu keputusan pengadilan terkait sisa pembebasan lahan tersebut. Jika muncul keberatan, lanjut Chandra, proses akan dinaikkan ke Mahkamah Agung (MA) dan KCIC tidak bisa mengintervensi.

Di sisi lain, Chandra menegaskan proses kontruksi sudah sangat mempertimbangkan sisi topografinya. "Ya kita sudah tahu trasenya seperti ini. Cuma kita harus sesuai, tadi pak Menteri (Budi Karya Sumadi) mengingatkan harus aman," ujat Chandra

Kereta Cepat Jakarta-Bandung ditarget selesai pembangunannya pada 2021. Direktur Utama PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan hingga saat ini proses kontruksi suadah mencapai 35 persen.

Sebelumnya, Chandra mengatakan saat ini ada beberapa hal masih terus dikerjakan. "Sepanjang trase kita kerjakana da jembatan, terowongan, ada subgrade," kata Chandra di Gedung Kemenhub, Kamis (10/10).

Dia menjelaskan pengerjaan proyek sudah menyebar tak lagi berpusat di Bandung. Hal tersebut menurutnya sudah sangat terlihat di sepanjang Tol Jakarta-Cikampek.

"Tiangnya sudah naik ada satu jembatan panjang ke luar tol di Buah Batu, Bandung sudah menyambung," tutur Chandra.

Chandra menuturkan Tol Layang Jakarta-Cikampek yang sebentar lagi sudah selesai berdampak positif kepada pengerjaan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Dia menuturkan dengan begitu waktu pengerjaan proyek kereta apai menjadi lebih banyak.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA