Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

Wednesday, 16 Rabiul Awwal 1441 / 13 November 2019

UNS Teken Kerja Sama dengan Yamaguchi University

Jumat 11 Oct 2019 07:41 WIB

Rep: Binti Sholikah/ Red: Esthi Maharani

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho dan President Yamaguchi University Masaaki Oka menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di sela-sela

Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo Jamal Wiwoho dan President Yamaguchi University Masaaki Oka menandatangani nota kesepahaman (MoU). Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di sela-sela "The 5th Japan- Indonesia Rector's Conference" di Hiroshima University, Jepang, pada Kamis (10/10).

Foto: dok. UNS
kedua universitas akan memulai pembicaraan dual degree program

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Yamaguchi University, Jepang. Penandatanganan dilakukan oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho dan Masaaki Oka selaku President Yamaguchi University yang disaksikan oleh Dirjen Belmawa Menristekdikti Ismunandar dan Sekretaris Dirjen Kelembagaan Agus Indardjo.

Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di sela-sela "The 5th Japan- Indonesia Rector's Conference" di Hiroshima pada Kamis (10/10) di Hiroshima, Jepang.

"UNS dan Yamaguchi University melakukan kerja sama berupa student mobility, staff mobility, joint research dan publication. Setelah ditandatanganinya MoU ini, kedua universitas akan memulai pembicaraan dual degree program," kata Rektor UNS Jamal Wiwoho melalui pesan elektronik yang diterima Republika, Kamis.

Selain dengan Yamaguchi University, lanjutnya, UNS juga akan menandatangani MoU dengan Hiroshima University pada Jumat (11/10). UNS telah menginisiasi pembicaraan untuk memulai kerjasama baru dengan beberapa universitas di Jepang yang ikut menghadiri konferensi tersebut.

Konferensi "The 5th Japan- Indonesia Rector's Conference" digelar pada Kamis-Jumat (10-11/10) di Hiroshima University, Jepang. Delegasi UNS Solo diketuai oleh Rektor, Jamal Wiwoho, dengan anggota delegasi terdiri dari Wakil Rektor I UNS Ahmad Yunus, Direktur Pasca Sarjana UNS Sutarno, dan wakil kepala UPT Layanan Internasional UNS Murni Ramli. Konferensi tersebut diselenggarakan dua tahun sekali. Tahun ini Hiroshima University menjadi penyelenggara.

Kegiatan dihadiri oleh 70 delegasi universitas Jepang dan 82 universitas dari Indonesia. Konferensi tersebut bertujuan untuk memperkuat kerjasama akademik dan non akademik universitas Jepang dan Indonesia yang berkelanjutan. UNS telah terlibat sejak kali pertama kali konferensi tersebut diselenggarakan.

UNS telah memiliki beberapa kerjasama dan beragam kegiatan yang dikembangkan dengan universitas-universitas Jepang. Salah satunya, dual degree program pada program doktor dengan Gifu University. Selain itu, melalui inisiasi dosen-dosen UNS yang merupakan alumni-alumni Jepang, kerja sama dengan universitas Jepang telah secara serius dilaksanakan.

Beberapa perguruan tinggi yang telah bekerja sama dengan UNS antara lain, Kyushu University, Tottori University, Chiba University, Nagoya University, Yamaguchi University, Kokushikan University, Gifu University, Saga University, Kurume University, Tokyo Institute of Technology, dan lainnya.

Pada konferensi tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik UNS Ahmad Yunus menyampaikan presentasi pada Group Session 2: Research Collaboration on Sustainable Development. Ahmad Yunus membagikan pengalaman UNS melaksanakan kerja sama dengan Gifu University pada program doktoral double degree.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA