Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Jumat, 25 Rabiul Awwal 1441 / 22 November 2019

Pemprov DKI Siap Aplikasikan Perpres Bahasa Indonesia

Jumat 11 Okt 2019 04:00 WIB

Red: Ratna Puspita

 Buku pelajaran Bahasa Indonesia (ilustrasi)

Buku pelajaran Bahasa Indonesia (ilustrasi)

Foto: Republika/Prayogi
Aturan itu mengamanatkan penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap komunikasi resmi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- pemprov dki Jakarta menyatakan siap mengaplikasikan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan bahasa indonesia . Aturan itu mengamanatkan penggunaan bahasa indonesia dalam setiap komunikasi resmi di lingkungan kerja pemerintah dan swasta.

Baca Juga

"Pada prinsipnya DKI sangat siap melaksanakan peraturan tersebut. Pasti siap melaksanakan dong," ucap Kepala Biro Hukum dki jakarta , Yayan Yuhana, saat dihubungi di Jakarta, Kamis (10/10).

Kendati demikian, kata Yayan, harus ada pemahaman lebih jauh terkait perlu atau tidaknya aturan dibawahnya dari Perpres tersebut. Saat ini, kata Yayan, pihaknya sedang mencari salinan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 63 Tahun 2019 tentang Penggunaan Bahasa Indonesia untuk membaca dan memahami secara detil mengenai Perpres tersebut.

"Perpres ini apakah butuh turunan payung hukum di daerah kah, atau cukup dengan Perpres saja. Nah itu kan harus baca lebih detail," kata Yayan.

Pemerintah mewajibkan penggunaan bahasa Indonesia dalam setiap komunikasi resmi di lingkungan kerja pemerintah dan swasta. Kewajiban menggunakan bahasa Indonesia ini tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) nomor 63 Tahun 2019 yang diterbitkan pada 30 September lalu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA