Kamis 10 Oct 2019 16:56 WIB

Mabes AD Tinjau TMMD di Soppeng

Target TMMD bukan hanya pembangunan fisik.

Rep: Erik PP/ Red: Muhammad Hafil
Brigjen Makmur Umar naik trail tinjau TMMD di Kabupaten Soppeng, Kamis (10/10).
Foto: Erik PP/Republika
Brigjen Makmur Umar naik trail tinjau TMMD di Kabupaten Soppeng, Kamis (10/10).

REPUBLIKA.CO.ID,SOPPENG -- Tim Wasev TMMD Mabesad, Brigjen TNI Makmur Umar meninjau pelaksanaan program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) ke-106 di Desa Panincong dan Desa Patampanua, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng, Sulawesi Selatan, Kamis (10/9). Brigjen Makmur yang mengendari motor trail mengunjungi lokasi pengerasan Jalan Panincong-Paleccu dan pembangunan sarana tambahan mata air panas Babbae, disambut oleh Komandan Kodim (Dandim) 1423/Soppeng Letkol Arm Fajar Catur Prasetyo dan Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak.

Makmur mengatakan, Satuan Tugas (Satgas) TMMD Soppeng harus memiliki target bukan hanya pekerjaan fisik semata, tetapi juga mengajak masyarakat untuk mempertahankan tradisi gotong royong dalam setiap kegiatan. Dia pun bersyukur, kegiatan TMMD yang dilakukan di Soppeng sudah berjalan sesuai sasaran berkat dukungan Forkopimda Soppeng.

Baca Juga

"Secara umum kegiatan fisik dan nonfisik TMMD tepat guna dan tepat sasaran serta mendapatkan respon dan apresiasi yang baik dari seluruh elemen masyarakat," kata Makmur.

Perwira Ahli KSAD Bidang Jemen Sishanneg itu mengingatkan, setiap personel Satgas TMMD agar tidak membuat pelanggaran sekecil apa pun serta menghormati adat istiadat di lokasi. Makmur juga berpesan agar prajurit TNI bisa menjaga kearifan lokal masyarakat dan tidak ada yang menyakiti hati rakyat. "TNI harus menyatu dengan rakyat," kata Makmur menegaskan.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak menuturkan, Pemkab Soppeng dalam pelaksanaan TMMD, senantiasa memberikan dukungan dan semangat demi kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, beberapa rencana program pemerintah daerah (pemda) yang tadinya terkendala, dengan adanya program TMMD Kodim Soppeng, kini masalah itu dapat diatasi dan dapat berjalan sesuai harapan.

"Kami akan siap bersama masyarakat untuk mendukung program TMMD ini dengan berbagai cara agar pelaksanaan dapat berjalan dengan lancar demi kesejahteraan masyarakat," ucap Kaswadi. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement