Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

PLN Jatim Siap Terangi Kawasan Wisata Bawean dan Kawah Ijen

Kamis 10 Oct 2019 00:07 WIB

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Esthi Maharani

Wisatawan mengamati proses penambangan belerang di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/8/2019).

Wisatawan mengamati proses penambangan belerang di Kawah Ijen, Banyuwangi, Jawa Timur, Kamis (1/8/2019).

Foto: Antara/Zabur Karuru
PLN ingin meningkatkan pariwisata di Kawah Ijen dan Pulau Bawean

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur siap menerangi kawasan wisata yang berada di bawah kewenangan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Kesiapan tersebut dibuktikan lewat jalinan kerja sama pembangunan, pengoperasian, dan pemeliharaan jaringan tegangan menengah 20 kVA.

General Manager PLN UID Jawa Timur, Bob Saril mengungkapkan, kerja sama yang dijalin adalah untuk menerangi beberapa kawasan wisata di bawah kewenangan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam. Seperti di Pulau Bawean, Kawah Ijen, Merapi Ungup-Ungup dan TWA Kawah Ijen.

Kerja sama ini adalah upaya PLN dalam meningkatkan pariwisata di Kawah Ijen dan Pulau Bawean, sebagai destinasi pariwisata yang potensial dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan," ujar Bob Saril melalui siaran persnya, Rabu (9/10).

Kepala BKSDA Jawa Timur, Nandang Prihadi mendukung masuknya listrik ke desa-desa, termasuk desa yang merupakan daerah wisata. Namun demikian, menurutnya tetap harus mengikuti aturan-aturan yang telah disepakati bersama.

"Kegiatan di Pulau Bawean telah sejalan dengan menempatkan masyarakat ke dalam prioritas utama," ujar Nandang.

Ia berharap, sinergi PLN dan BKSDA tidak sebatas kerja sama yang telah terjalin ini. Tetapi  terus berlanjut untuk peningkatan elektrifikasi di sektor pariwisata lainnya, mengingat Jatim punya kawasan wisata sangat luas.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA