Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Sabtu, 10 Rabiul Akhir 1441 / 07 Desember 2019

Iluni UI Bentuk Millennial & Business Center

Rabu 09 Okt 2019 09:32 WIB

Red: Muhammad Fakhruddin

Pengurus Milenial dan Jaringan Bisnis Center

Pengurus Milenial dan Jaringan Bisnis Center

Menjadi mercusuar baru bagi anak muda Indonesia dalam menuju bonus demografi.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Ikatan Alumni Universitas Indonesia (Iluni UI) meluncurkan salah satu lembaga terbaru yang merangkul milenial yaitu Milenial dan Jaringan Bisnis Center. Dibentuknya lembaga ini sebagai bentuk relevansi terhadap jaman. 

"Kita mau ikatan alaumni ini berkembang sesuai kondisi jaman. Biasanya ikatan alumni ramai yang senior-senior, sedangkan kebutuhan dukungan buat alumni itu ada pada yang baru lulus. Milenal ini," kata Ketua Umum Iluni UI Andre Rahadian, Rabu (9/10). 

Andre yang baru dilantik menjadi ketua umum pada Ahad (6/10) ini menginginkan Iluni UI hadir untuk alumni muda. "Berarti yang lulusannya antara 1 sampai 7 tahun terakhir," ujarnya.

photo
Pelantikan Kepengurusan dan Rapat Pengurus Lengkap Iluni UI periode 2019-2022 yang digelar di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Ahad (6/10).

Melalui Milenial dan Jaringan Bisnis Center ini, Andre berharap dapat membantu mereka pascakampus melalui program seperti mentoring dan coaching bisnis, memberikan informasi pekerjaan, dan beasiswa sekolah S2. "Coaching mengkoneksikan mereka dengan alumni yang lebih senior," kata Andre.

Untuk menghubungkan alumni milenial dengan alumni yang lebih senior itu, Iluni UI telah memiliki aplikasi UI Connect. "Kita sudah pakai seperti sosmed khusus alumni. Kita mau bikin lebih terstruktur dan kita tambah dengan program Milenial Center," ujar Andre.    

Ketua Milenial dan Jaringan Bisnis Center M Pradana Indraputra mengatakan kesadaran bahwa jumlah alumni muda pada khususnya dan anak muda pada umumnya di Indonesia yang berujung kepada bonus demografi merupakan alasan utama terbentuknya lembaga baru ini. "Millennial & Business Center Iluni UI bertujuan untuk menjadi fasilitator dalam pengembangan kapasitas diri dan usaha bagi alumni muda dan anak muda Indonesia," kata Pradana. 

Pradana sendiri adalah seorang alumni milenial yang berusia 27 tahun dan sudah malang melintang di dunia politik dan bisnis. Dia dinilai mampu untuk membawa lembaga baru ini untuk terus maju dan memberikan kontribusi bagi alumni dan Indonesia. 

photo
Ketua Milenial dan Jaringan Bisnis Center M Pradana Indraputra

Menurut Pradana, berbagai program akan diluncurkan dari pembentukan komunitas alumni muda sesuai profesi, workshop, penyaluran beasiswa, sampai pembentukan incubator untuk pembinaan usaha dan penyaluran modal yang ditujukan untuk alumni dan umum yang juga sebagai bentuk kontribusi alumni UI kepada masyarakat. "Millennial & Business Center diharapkan dapat menjadi mercusuar baru bagi anak muda Indonesia dalam menuju bonus demografi," ujarnya. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA