Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Thursday, 3 Ramadhan 1442 / 15 April 2021

Command Center Jabar Bakal Dijadikan Ikon Wisata

Rabu 09 Oct 2019 08:48 WIB

Rep: ayobandung.com/ Red: ayobandung.com

 Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Command Center tersebut akan diluncurkan pada Desember 2019

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM--Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal membangun area Command Center baru di kawasan Gedung Sate, Bandung. Rencananya, Command Center tersebut akan diluncurkan pada Desember 2019 mendatang.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Jabar, Setiaji mengatakan, pembangunan sudah berlangsung selama sekitar tiga minggu. Sebelumnya, area Command Center Jabar terletak di lantai dasar (lantai 1) yang terdiri dari dua buah ruangan utama. Pembangunan Command Center anyar ini disebut akan menelan biaya hingga Rp 5,2 miliar.

"Targetnya pada bulan Desember ini mudah-mudahan bisa kita launching, "ungkapnya, Selasa (10/8).

"Untuk tender Rp 5,2 miliar itu juga kan beserta peralatan-peralatan yang nantinya ada di dalam command center," tambahnya.

Dirinya mengatakan, area Command Center yang lama, yang telah dibangun pada Mei 2018, nantinya akan digunakan untuk area penanganan sungai Citarum. Lokasi yang terbaru hanya akan berpindah blok dari area yang lama.

"Jadi ini kita ngebangun baru, untuk lokasi tetap di Gedung Sate hanya beda blok dengan yang sudah ada," katanya.

Nantinya, area Command Center anyar akan memiliki desain yang lebih futuristik dan luas ruangan yang lebih besar, sebagaimana Command Center yang saat ini dimiliki Kota Bandung. Selain itu, Setiaji juga berencana akan membuat area tersebut menjadi salah satu destinasi wisata warga ketika mengunjungi Gedung Sate.

"Kalau Command Center yang kemarin kan cuma sedikit ruangannya. Kalau ini seperti di Kota Bandung, selain bentuknya yang lebih futuristik, juga nanti akan ada juga galeri-galeri," ungkapnya.

Selain itu, sejumlah area pada ruangan Command Center ini juga akan difungsikan sebagai ruang kerja unit pusat layanan digital service Jabar. Akan disediakan ruangan untuk memutar berbagai video tentang provinsi Jabar. Dengan berkunjung ke Command Center Jabar, masyarakat diharapkan dapat belajar memahami literasi digital.

"Fungsinya sebagai edukasi juga. Kami menginformasikan produk-produk digital Pemprov Jabar dan masyarakat bisa turut berpartisipasi," katanya.

Meski demikian, pihaknya tetap tidak akan mereduksi fungsi utama dari Command Center yakni sebagai pusat pemantauan dan penanganan masalah yang ada di masyarakat mulai dari kemacetan hingga bencana alam. Tahun ini, Diskominfo Jabar juga akan membangun Command Center lainnya di empat kabupaten yang dianggap telah siap, yakni Indramayu, Garut, Pangandaran dan Cirebon.

"Kami pilih daerah yang belum punya Command Center dan yang sudah siap melaksanakan. Karena mereka (keempat kabupaten) sudah menyiapkan perangkat SDM," pungkasnya. Tahun depan, diproyeksikan akan dibangun sembilan Command Center lainnya di wilayah Jabar.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ayobandung.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ayobandung.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA