Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

Sabtu, 20 Safar 1441 / 19 Oktober 2019

ESDM Serahkan Dua Sumur Bor di Boyolali

Selasa 08 Okt 2019 13:37 WIB

Rep: intan pratiwi/ Red: Dwi Murdaningsih

Seorang petani menyirami lahan pertanian kacang miliknya menggunakan air dari sumur bor di Gumukrejo, Andong, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/6/2019). P

Seorang petani menyirami lahan pertanian kacang miliknya menggunakan air dari sumur bor di Gumukrejo, Andong, Boyolali, Jawa Tengah, Senin (24/6/2019). P

Foto: Antara/Aloysius Jarot Nugroho
Sumur bor berikan akses air bersih bagi 27 ribu warga Kabupaten Boyolali.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menyerahkan dua buah sumur bor untuk daerah sulit air di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah pekan kemarin. Unit tersebut merupakan program yang masuk tahun anggaran 2019 di wilayah Kabupaten Boyolali sebanyak empat unit dari yang direncanakan.

Sumur bor tersebut di Kabupaten Boyolali hingga tahun 2019 telah berhasil dibangun 11 unit sumur bor, tersebar di 7 kecamatan dan 10 desa/kelurahan, dengan kapasitas produksi air bersih mencapai 608 ribu m3 per tahun, dapat memenuhi kebutuhan air bersih untuk sekitar 27 ribu jiwa penduduk.

"Jumlah sumur bor di Kabupaten Boyolali tahun 2019 ini direncanakan sebanyak empat unit dan hingga saat ini sudah selesai dibangun sebanyak dua unit dan diserahkan pada hari ini yaitu terletak di Desa Tanjung dan Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali," ucap Sekretaris Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi, M. Halim Sari Wardana, Sekasa (8/10).

Baca Juga

Salah satu tugas dan fungsi Badan Geologi, Kementerian ESDM di bidang air tanah adalah melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, yaitu penyediaan sarana air bersih melalui pengeboran air tanah dalam di daerah sulit air di seluruh wilayah Indonesia. Target di tahun 2019, KESDM akan membangun 650 unit sumur bor di wilayah sulit air yang tersebar di 33 provinsi.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA