Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

Wednesday, 23 Rabiul Awwal 1441 / 20 November 2019

AWS Pop-up Loft Hadir di Indonesia, Startup Bisa Manfaatkan

Selasa 08 Oct 2019 13:47 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

AWS Pop-up Loft Hadir di Indonesia, Buka Peluang Startup Berinteraksi dengan Pakar AWS. (FOTO: Agus Aryanto)

AWS Pop-up Loft Hadir di Indonesia, Buka Peluang Startup Berinteraksi dengan Pakar AWS. (FOTO: Agus Aryanto)

AWS Pop-up Loft Jakarta merupakan lingkungan yang kolaboratif dan informatif

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Amazon Web Services (AWS), anak usaha Amazon, mengumumkan pembukaan AWS Pop-up Loft Jakarta, Senin (7/10/2019). AWS Pop-up Loft Jakarta menyediakan ruang kolaborasi yang dinamis di mana entrepreneur, startup, komunitas, dan pengembang dapat memperoleh akses gratis ke sesi pendidikan teknologi dan bisnis serta berinteraksi dengan para pakar AWS, mitra AWS Partner Network (APN), dan pengguna komputasi awan. 

Gunawan Susanto, Country Leader AWS Indonesia, mengatakan, dari 7 Oktober hingga 1 November 2019 (setiap Senin hingga Jumat), pengunjung AWS Pop-up Loft Jakarta akan mendapatkan akses gratis ke berbagai kegiatan. Ini mencakup demo langsung yang dilakukan AWS, diskusi teknis tentang berbagai topik termasuk migrasi komputasi awan, transformasi digital, dan keamanan siber.

Baca Juga: Janji Jeff Bezos: 2040, Amazon Jadi E-Commerce Raksasa Tanpa Polusi

Berlokasi di WeWork Noble House, AWS Pop-up Loft Jakarta merupakan lingkungan yang kolaboratif, informatif, dan mendukung komunitas dari berbagai industri untuk dapat bertemu dan berbagi ide. 

"Pengunjung bisa mendapatkan hadiah yang ramah lingkungan dan menikmati berbagai makanan lokal dan camilan sehat ketika mereka belajar tentang teknologi cloud terbaru seperti artificial intelligence dan machine learning, keamanan cloud, dan internet of things (IoT)," jelas Gunawan. 

Program AWS Loft, yang telah diluncurkan di Hong Kong, Jepang, London, Berlin, dan Munich, memperkuat komitmen perusahaan untuk membina talenta komputasi awan dan membantu pertumbuhan startup lokal. AWS Pop-up Loft Jakarta akan menjadi Pop-up Loft kedua di Asia, setelah Hong Kong. 

"Investasi dari venture capital di dunia bisnis Indonesia telah tumbuh secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir, dan Jakarta adalah pusat di mana kami melihat para entrepreneur bertalenta berkumpul untuk menguji ide, dan memulai bisnis baru yang memanfaatkan kekuatan cloud computing," imbuh Gunawan.

Dengan memfasilitasi diskusi dan bertukar gagasan tentang teknologi cloud, lanjut Gunawan, pihaknya berharap dapat memainkan peran yang lebih besar dalam mendukung agenda inovasi lndonesia, menginspirasi usaha dari berbagai skala bisnis untuk merangkul kekuatan cloud untuk meningkatkan kelincahan, meningkatkan efektivitas biaya, dan pada akhirnya mempercepat inovasi.

AWS secara aktif mendukung komunitas startup di Indonesia dan beberapa startup lokal yang paling sukses adalah pengguna AWS, di antaranya Amartha, FinAcceI, Halodoc, Hara Token, Kumparan, Traveloka, Warung Pintar, dan masih banyak lagi. 

Salah satu pengguna tersebut, Kitabisa.com adalah salah satu platform pendanaan daring terkemuka di Indonesia untuk bantuan pribadi dan medis yang memfasilitasi lebih dari US$40 juta sumbangan dari jutaan donor di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Mengintip Prospek Warabala Coworking Space di Indonesia

Kehadiran AWS Pop-up loft di Jakarta, menurut Alfatih Timur, Pendiri dan CEO Kitabisa.com, bisa membantu startup Indonesia memulai perjalanan lnovasi dl AWS cloud.

"Beralih ke AWS telah membantu kami mengembangkan bisnis, mengembangkan bakat, dan memungkinkan kami untuk terus berinovasi untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan kami," ujar Alfatih. 

Farah Clarashinta, AWS User Group Lead di lndonesia dan pengembang perangkat lunak, menambahkan, AWS Pop-up Loft Jakarta adalah peluang besar bagi para pengembang untuk mendapatkan wawasan mendalam tentang segala hal terkait AWS dari para pakar yang telah bereksperimen dan belajar dari pengalaman mereka. Dia berharap program itu akan memberikan kontribusi yang signifikan bagi ekosistem startup Indonesia dengan mendorong inovasi startup dan memfasilitasi pengembangannya secara lincah.

"AWS Pop-up Loft Jakarta akan menghadirkan lebih dari 40 kegiatan, termasuk lebih dari 70 sesi dengan berbagai topik untuk audiens bisnis dan teknis. Sesi ini akan mencakup workshop, diskusi panel, dan networking event yang diselenggarakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris," ujar Farah. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA