Thursday, 8 Zulhijjah 1443 / 07 July 2022

Masjid Gohar Agha Selesai Dipugar

Senin 07 Oct 2019 21:21 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Masjid Sushi di Azerbaijan.

Masjid Sushi di Azerbaijan.

Foto: Wikipedia
Masjid Gohar Agha merupakah salah satu masjid bersejarah di Armenia

REPUBLIKA.CO.ID, SUSHI -- Landmark keagamaan di Sushi, Artsakh, Masjid Gohar Agha Upper segera rampung dipugar. Sebuah sejarah yang dilestarikan, akan tersedia bagi para pengunjung. 

Mendukung inisiatif Pemerintah Artsakh, Revival of Oriental Historical Heritage Foundation memulai program restorasi Masjid pada 2014. Proyek ini dilaksanakan sebagai bagian dari Initiatives for Development of Armenia (IDeA).
 
"Kota Shushi adalah tujuan unik di Artsakh, dengan Masjid Gohar Agha Upper menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari sejarah dan budaya yang kaya dari bagian lamanya. Diperkirakan bahwa proyek restorasi Masjid akan membantu mengungkap warisan sejarah dan budaya wilayah tersebut dan mengubah kota ini menjadi objek wisata baru di peta Artsakh. Kami berharap proyek ini akan merangsang upaya yang ditujukan untuk pemulihan distrik bersejarah kota juga," kata Manajer Program Pengembangan Artsakh di Yayasan IDeA, Suren Amirbekyan, dilansir dari laman IDeA, Senin (7/10).
 
Adapun pelestarian eksterior bersejarah masjid merupakan bagian dari program restorasi. Karya-karya itu juga termasuk pemulihan bangunan madrasah, serta perbaikan di wilayah yang berdekatan dengan masjid, termasuk taman kecil. Masjid ini dibangun pada 1864–1865 oleh Gohar Agha.
 
Amirbekyan mengatakan, sebagai bagian dari proyek pembangunan madrasah telah dipulihkan juga. Ini dapat digunakan sebagai pusat pendidikan dan budaya.
 
"Ini dapat berfungsi sebagai pusat akademik dan pendidikan atau pusat studi Oriental untuk akademisi dari Armenia dan Artsakh,  itu bisa menjadi tuan rumah sekolah musim panas, kongres, acara pendidikan dan budaya," kata dia.
 
Proyek ini melibatkan organisasi lokal dan internasional.  Seiring dengan kemitraan yang sudah ada dengan Kementerian Kebudayaan Artsakh, proyek ini juga bermitra dengan biro arsitektur Iran 'Part Saman Jahan',  biro arsitektur 'TFA-Armenia',  ICOMOS-Armenia, profesor Politeknik di Milano, Lorenzo Jurina, Fakultas Studi Oriental, Universitas Negeri Yerevan, serta Iranian Cultural Heritage, Handicrafts and Tourism Organization.
 
Kemudian juga mendapatkan dukungan signifikan 12 spesialis dengan pengalaman utama dalam konstruksi batu bata, serta pemulihan situs spiritual Islam, untuk berpartisipasi dalam upaya renovasi masjid. Penyelesaian restorasi Masjid Gohar akan berlangsung pada 14 Oktober 2019 di Shushi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA