Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Wednesday, 7 Jumadil Akhir 1442 / 20 January 2021

Rekening Sumbar Peduli Sesama Berhasil Himpun Dana Rp 3,3 M

Senin 07 Oct 2019 20:22 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Esthi Maharani

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menemui ratusan warga perantau di Makodim  Wamena, Ahad (29/9) .

Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat menemui ratusan warga perantau di Makodim Wamena, Ahad (29/9) .

Foto: Dok Pemprov Sumbar
Dana tersebut untuk membantu perantau Sumbar yang jadi korban kerusuhan Wamena

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG - Rekening Sumbar Peduli Sesama yang dibuka oleh Pemprov Sumatera Barat untuk menggalang dana membantu perantau Minang di Wamena berhasil menghimpun dana sebesar Rp 3.342.681.746. Dana ini nantinya akan seutuhnya digunakan untuk membantu warga keturunan Sumbar yang terdampak tragedi kemanusiaan di Wamena yang terjadi dua pekan lalu.

"Uang Masuk dan Uang Keluar Pada Rekening Sumbar Peduli Sesama untuk Warga Wamena asal Sumbar sampai Senin, 07 Oktober 2019 pukul 17.00 WIB adalah Rp3.342.681.746," kata Kepala Biro Humas Pemprov Sumbar Jasman Rizal, Senin (7/10).

Lebih dari sepekan rekening Sumbar Peduli Sesama ini dibuka sudah ada ribuan warga yang mendonasikan uangnya. Ada atas nama individu ada juga atas nama instansi. Dana Rp 3,3 miliar dari rekening Sumbar Peduli Sesama ini di luar dari dana Rp 3,1 miliar yang diperoleh Pemprov dari sumbangan para tokoh yang dilakukan di Jakarta pekan lalu. Untuk mengelolaan dana dari rekening Sumbar Peduli Sesama, dari 3,3 miliar, sudah terpakai sebanyak Rp 1.691.761.900. Saldo yang tersisa sebanyak Rp 1.650.919.846.

"Rincian uang masuk dan uang keluar akan disampaikan nanti pada waktu yang ditentukan. Uang keluar sebahagian besar adalah untuk biaya tiket pesawat, uang saku, sewa mobil dan lain-lain," ujar Jasman.

Jasman menjelaskan dana yang tersisa nantinya akan direncanakan buat bantuan modal usaha atau modal kerja buat perantau Minang yang sampai sekarang masih bertahan di Wamena. Kalau memungkinkan akan melakukan rehabilitasi dan rekonstruksi tempat usaha warga perantau Minang, sesuai dengan kesanggupan dana.

"Tapi kita lihat dulu perkembangannya, baru nanti sisa dana ini akan digunakan untuk apa. Semua dana yang terkumpul nantinya akan digunakan dan dimanfaatkan seluruhnya untuk warga Wamena asal Sumbar tersebut," kata Jasman menambahkan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA