Ahad 29 Sep 2019 15:21 WIB

Ratusan Motor Royal Enfield Penuhi Kota Cirebon

Kegiatan tersebut terkait inagurasi Royal Riders Indonesia West Java Chapter

Rep: Maman Sudiaman/ Red: Hiru Muhammad
Ratusan members Royal Enfield berkumpul di Kota Cirebon melakukan prosesi pengukuhan atau inagurasi dari Chapter terbaru mereka. Yakni, West Java Chapter melalui acara Royal Ride Out 2019, Sabtu (28/9).
Foto: foto: Dok RoRI
Ratusan members Royal Enfield berkumpul di Kota Cirebon melakukan prosesi pengukuhan atau inagurasi dari Chapter terbaru mereka. Yakni, West Java Chapter melalui acara Royal Ride Out 2019, Sabtu (28/9).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Gemuruh suara ratusan mesin menggema di Cirebon. Ratusan penunggang Royal Enfield dari berbagai arah berkumpul di Grage City, Cirebon, melakukan prosesi pengukuhan atau inagurasi dari Chapter terbaru mereka. Yakni, West Java Chapter melalui acara Royal Ride Out 2019, Sabtu (28/9).

Kegiatan ini dimulai dengan gemuruh deru mesin Royal Enfield lebih dari 100 members Royal Riders Indonesia Jakarta Chapter, yang bertolak mulai sejak Jumat (27/9) menuju Cirebon. Iring-iringian enfielders juga datang dari Bogor yang bergerak di hari yang sama. Mereka tergabung dalam Enfilders Bogor Motor Club (EBMC) Bogor di bawah kendali Pupung W Purnama sebagai ketuanya.

Tiba di Cirebon, members Royal Riders Indonesia dari seluruh chapter melakukan rolling thunder mengelilingi kota warisan Sunan Gunung Jati bersama dengan Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. Pada kesempatan ini, Nasrudin menjelaskan bahwa Cirebon mendapatkan sebuah kebanggaan dengan diinisiasinya West Java Chapter dari Royal Riders Indonesia di kota tersebut.

“Kami bangga, bahwa dengan kehadiran teman-teman, menjadi bukti bahwa Cirebon memiliki daya tarik pariwisata yang layak dikunjungi para pecinta kendaraan roda dua. Belum lagi nikmatnya ragam kuliner yang patut dicicipi oleh para members,” ucap Nasrudin.

photo
Ratusan enfielders menyaksikan pertunjukkan grup Band Edane di Cirebon. Foto dok RORI

Ia menambahkan bahwa dengan kehadiran Royal Riders Indonesia di Kota Cirebon, dapat memberikan dampak positif dan turut menjaga kota tersebut agar tetap kondusif. “Semoga para members West Java Chapter yang berdomisili di Cirebon dapat memberikan kontribusi nyata dan positif bagi masyarakat sekitar. Salah satu caranya adalah melalui taat berlalu lintas,” tambah Nasrudin.

Diselenggarakan Royal Ride Out 2019 ini memiliki makna sendiri bagi Royal Riders Indonesia. National President Donny Hendaris menjelaskan bahwa provinsi Jawa Barat selalu di dalam hati seluruh benak members.

“Ini adalah salah satu provinsi yang rajin kami kunjungi dan adakan kegiatan. Selain itu, memiliki jejak historis tersendiri bagi komunitas kami. Kebanyakan member kami juga berasal dari provinsi Jawa Barat, termasuk saya sendiri,” tutur Donny. Sekitar 31 member dari West Java Chapter turut diinagurasi pada kegiatan tersebut.

Tidak hanya sekadar melakukan inagurasi saja, namun juga turut menggelar kegiatan peduli lingkungan melalui penanaman pohon dan aksi bersih sampah plastik di sekitar pelataran Gua Sunyaragi. “Sudah menjadi kebiasaan kami sebagai komunitas untuk melakukan bakti sosial. "Kami biasa menyebutnya CSR atau Community Social Responsibility. Semoga kegiatan ini dapat diteruskan oleh saudara-saudara kami di West Java Chapter,” tambah Donny.

Marshal atau Pimpinan Wilayah West Java Chapter dari Royal Riders Indonesia, Victor Leonarto, turut menjelaskan bahwa Royal Ride Out 2019 akan menghadirkan beragam kegiatan yang menarik seperti Sharing Session, Test Ride, Care Bike dan tentu saja penampilan musik dari Edane, Baxlaxboy dan Percussion Performance.

“Tentunya sajian hiburan ini semakin menambah kemeriahan inagurasi dari Royal Riders Indonesia West Java Chapter. Kami berharap agar Royal Ride Out dapat menjadi kegiatan tahunan dari Chapter ini,” tutup Victor.

photo
Komunitas EBMC Bogor berkumpul di Grage City, Cirebon mengikuti prosesi pengukuhan chapter West Java Chapter melalui acara Royal Ride Out 2019, Sabtu (28/9). dok EBMC

Salah seorang anggota EBMC Bogor, Suhadi mengaku bangga menjadi bagian dari pelaksanaan acara tersebut. Juga bersyukur, semua tim EBMC yang selama perjalanan dan pulang pergi Bogor-Cirebon berjalan lancar. "Alhamdulillah lancar, semua sudah pulang rumah masing-masing," ujar Suhadi mewakili Ketua EBMC Bogor, kepada Republika Ahad (29/9)

Menurutnya acara tersebut bagus dan diapresiasi oleh pemerintah daerah setempat. Kebetulan para enfileders sempat sowan ke Wali kota Cirebon. Kepada para enfielders, Wali Kota menyebut jika Cirebon sebagai salah satu destinasi wisata 2020 yanng tentunya perlu dukungan dari para enfielders.

Mengutip keterangan dari Wali Kota Cirebon, Suhadi menyebutkan, kehadiran enfielders dengan motor klasik sangat tepat. Pasalnya, motor tersebut bisa diterima di masyarakat umum, tidak bersifat ekslusif. Juga selaras dengan Cirebon sebagai kota wisata yang memiliki nilai historis. 

photo
Komunitas EBMC Bogor berkumpul di Grage City, Cirebon mengikuti prosesi pengukuhan chapter West Java Chapter melalui acara Royal Ride Out 2019, Sabtu (28/9). dok EBMC

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement