Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Wali Kota Jamin Keamanan Mahasiswa Papua di Padang

Senin 07 Oct 2019 15:40 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil

Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

Wali kota Padang H Mahyeldi Ansharullah

Foto: Republika/Indra Wisnu Wardhana
Masyarakat Padang tak pernah menanyakan penduduk asli atau bukan.

REPUBLIKA.CO.ID, PADANG--Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah menjamin keamanan mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Kota Padang. Mahyeldi menyebut Pemkot Padang akan memberikan perlindungan kepada segenap warganya tanpa memadang warna kulit, agama, bahasa dan asal usulnya.

“Masyarakat Kota Padang tidak pernah menanyakan penduduk asli atau bukan. Termasuk kepada mahasiswa yang berasal dari Papua. Di Padang tidak ada pertanyaan penduduk asli dan tidak asli. Semuanya adalah warga Kota Padang,” kata Mahyeldi, usai bersilatirahmi dengan mahasiswa Papua di Padang kemarin, Ahad (6/10).

Mahyeldi mengatakan Pemko Padang menjunjung tinggi semangat keragaman di Indonesia. Ia dan Warga Padang selalu menyambut baik pendatang termasuk dari Papua.

Baca Juga

Mahyeldi juga berpesan agar semua mahasiswa asal Papua yang berkuliah di Padang tetap fokus belajar, tidak terganggu dengan isu-isu yang berkembang. Mahyeldi mendoakan mahasiswa asal Papua bisa menyelesaikan pendidikan di Padang dengan nilai yang baik agar sukses ke depan di dalam karir.

Mahyeldi mengatakan dirinya mengecam aksi brutal oknum perusuh di Wamena dua pekan silam yang menewaskan puluhan warga termasuk warga pendatang asal Sumatera Barat. Menurut politikus PKS tersebut oknum perusuh termasuk dalangnya harus diproses secara hukum.

“Yang terjadi di Wamena harus diproses hokum. Namun saudara kito (masyarakat Papua) yang ada di Padang, kita sambut bahagia,” ujar Mahyeldi.

Seperti diketahui terdapat puluhan mahasiswa asal Papua yang melanjutkan pendidikan jenjang perguruan tinggi di Kota Padang. Mereka tersebar di sejumlah kampus di Kota Bengkuang.

Simon Barwete salah seorang yang ikut pertemuan dengan Wali Kota Padang kemarin mengatakan selama ini mereka mahasiswa asal Papua hanya fokus kuliah. Isu di Wamena sempat menganggu kenyamanan mereka. Tapi kini kata Barwete, mereka lega karena keamanan mereka dijamin oleh Wali Kota, Pemprov dan kepolisian di Sumbar.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA