Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Wednesday, 4 Jumadil Akhir 1441 / 29 January 2020

Rektor Perempuan Pertama Unpad Dilantik

Senin 07 Oct 2019 11:08 WIB

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Friska Yolanda

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Rudiantara melantik Rektor terpilih Unpad periode 2019-2024 Prof Rina Indiastuti, di Aula Graha Sanusi, Jl Dipatiukur Kota Bandung, Senin (7/10).

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Rudiantara melantik Rektor terpilih Unpad periode 2019-2024 Prof Rina Indiastuti, di Aula Graha Sanusi, Jl Dipatiukur Kota Bandung, Senin (7/10).

Foto: Republika/Edi Yusuf
Sebelum resmi menjadi Rektor Unpad, Rina menjabat sebagai pelaksana tugas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Rektor terpilih Unpad periode 2019-2024, yang dipilih secara aklamasi, Prof Rina Indiastuti dilantik di Aula Graha Sanusi Jl Dipatiukur Kota Bandung, Senin (7/10). Rektor perempuan pertama Unpad ini, dilantik oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Unpad Rudiantara sekitar pukul 09.08 WIB.

Baca Juga

Pelantikan dilakukan dengan pengambilan sumpah jabatan menggunakan Alquran. Acara dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Dengan ini secara resmi melantik saudari sebagai Rektor Unpad 2019-2024. Saya dan teman-teman MWA percaya bahwa saudari akan menjalankan tugas sebaik-baiknya, sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan. Semoga Tuhan YME senantiasa memberi bimbingan," ujar Rudiantara.

Penetapan Rina sebagai Rektor Unpad sebelumnya telah dipilih secara aklamasi Ahad (6/10). Menurut Rudiantara, pemilihan Rina telah melalui proses mufakat dan para calon rektor lainnya menyatakan siap membantu Rina dalam menjalankan tanggungjawabnya.

"Sisanya ketika ditanya apa mau jadi tim rektor, semua bilang ya. Pemilihan kemarin bulat aklamasinya. Kita mufakat dulu, baru musyawarah," katanya.

Sebelumnya, proses pilrek Unpad untuk periode saat ini sempat berlangsung berlarut-larut. Pilrek pada akhirnya diputuskan untuk diulang dari awal.

Rudiantara menyebutkan, alasan pengulangan pilrek Unpad adalah demi transparansi. "Cukup panjang dan melelahkan karena harus diulang. Alasan diulang satu-satunya hanya mahasalah governance, bagaimana proses agar lebih fair dan akuntabel," katanya.

Sebelum resmi menjadi Rektor Unpad, berdasarkan surat perintah Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir, Rina menjabat sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Rektor Unpad mulai 15 April 2019 selama paling lama enam bulan. Sebagai rektor terpilih periode 2019-2024, Rina Indiastuti mengatakan siap memimpin Unpad lima tahun ke depan, termasuk menghadapi tantangan yang cukup besar yakni membawa Unpad masuk Top 500 Perguruan Tinggi Dunia. 

Saat ini, kata dia, Unpad meraih peringkat di rentang 651-700 versi QS World University Rankings tahun 2019. Rina pun berjanji akan bersinergi dengan MWA, Senat Akademik, dan semua lini di UNPAD untuk mewujudkan cita-cita yang diidamkan banyak pihak tersebut.

"Quick win-nya, kita akan terus lakukan upaya internasionalisasi, kita rancang dengan baik konsul dengan MWA, Senat Akademik, dan unsur lainnya," kata Rina.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA