Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Monday, 30 Jumadil Akhir 1441 / 24 February 2020

Juara MotoGP, Marquez: Musim yang Luar Biasa

Ahad 06 Oct 2019 18:08 WIB

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Bayu Hermawan

Marc Marquez merayakan keberhasilan menjuarai GP Thailand

Marc Marquez merayakan keberhasilan menjuarai GP Thailand

Foto: EPA
Marc Marqez berhasil mengunci juara MotoGP musim 2019 usai menang di GP Thailand

REPUBLIKA.CO.ID, BURIRAM -- Pembalap dari Repsol Honda Marc Marquez berhasil menyegel gelar juara MotoGP 2019 setelah finis di urutan terdepan pada GP Thailand yang berlangsung di Sirkuit International Buriram, Ahad (6/10) petang WIB. The Baby Alien sukses menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 39 menit 36,223 detik.

Rider asal Spanyol tersebut sejatinya menjalani pertempuran ketat di atas lintasan dengan rookie dari tim Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo sejak awal.

Kedua pembalap tersebut bahkan silih berganti mencatatkan fastest lap, sebelum akhirnya Marquez merebut posisi pertama usai melakukan manuver di tikungan terakhir. Hasil tersebut membuat pembalap berusia 26 tahun meraih kemenangan kesembilannya pada musim ini dan juga merebut titel juara untuk keenam kalinya.

Sementara itu, sebelum seri balapan berlangsung Marquez menegaskan apabila dirinya tidak ingin lengah dan tetap mempertahankan target untuk menduduki podium pertama. "Target saya adalah berusaha sebaik mungkin untuk meraih kemenangan, tak peduli klasemen kejuaraan, tak peduli selisih saya dengan Dovizioso," kata Marquez sebagaimana dilansir Crash, Ahad (6/10).

Lebih lanjut, Marquez mengakui bahwa perlombaan kali ini sangatlah melelahkan dengan persaingan ketat yang diberikan Fabio Quartararo hingga lap pengujung. Marquez pun melempar pujian kepada rider asal Prancis yang tampil begitu impresif bersama kuda besinya.

"Dia (Quartararo) tampil cukup cepat di beberapa bagian pada balapan tersebut, saya mampu menyalipnya, saya tahu dia sangat cepat terutama di sektor 3 dan 4," sambung Marquez.

Marquez tak lupa untuk memberikan apresiasi kepada seluruh tim dan krunya yang telah bekerja keras dengan mampu mengantarkannya meraih gelar juara pada musim ini. "Bagaimanapun ini merupakan musim yang luar biasa, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang membantu saya dan sekarang saya ingin merayakannya."

Praktis, dengan menjuarai seri MotoGP Thailand 2019, Marquez sudah mengemas total 325 poin dan unggul 110 poin atas Andrea Dovizioso di peringkat kedua. Capaian tersebut membuatnya mustahil dikejar pesaing terdekat pembalap berpaspor Italia, Dovizioso meski kompetisi menyisakan empat seri. Artinya, Marquez menjadi salah satu rider tercepat yang mengamankan titel juara dunia.

Dia menyamai rekor Valentino Rossi. Sebelumnya, Rossi mengamankan gelar 2005 juga ketika musim tersisa empat seri. Bedanya, ketika itu kompetisi menggelar 17 balapan, sedangkan 2019 menghadirkan 19 seri. Usai menyambangi Thailand, MotoGP 2019 akan memasuki balapan ke-16 yang akan digelar di Twin Ring Motegi, Jepang pada 18-20 Oktober mendatang.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA