Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Senin, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 Februari 2020

Turis China Habiskan Uang Paling Banyak di Wisata Asia

Ahad 06 Okt 2019 15:16 WIB

Red: Nur Aini

Wisatawan Cina (Ilustrasi)

Wisatawan Cina (Ilustrasi)

Foto: Google
Destinasi AS dan Eropa juga menjadi tujuan wisatawan asal China.

REPUBLIKA.CO.ID, BEIJING -- Wisatawan China tercatat telah menghabiskan uang sekitar 127,5 miliar dolar AS di luar negeri selama semester pertama 2019.  Data tersebut berasal dari SAFE, badan valuta asing setempat.

Baca Juga

Pasar wisata Asia meraup 54 persen konsumsi wisatawan China. Disusul Amerika Serikat dan Eropa yang bisa menyerap konsumsi wisatawan China, masing-masing 24 dan 13 persen.

Banyaknya wisatawan China yang menghabiskan uang di luar negeri tersebut berkat eratnya hubungan perdagangan dan investasi negara itu dalam kerangka Prakarsa Sabuk Jalan (BRI). SAFE juga menunjukkan bahwa pada semester pertama tahun ini, turis China telah menghabiskan 14,9 miliar dolar AS di beberapa negara yang terikat kerja sama BRI.

Transaksi pembayaran melalui aplikasi mobile selama periode tersebut sama dengan semester pertama tahun lalu, karena penggunaan kartu debit dan kartu kredit masih menjadi metode transaksi utama. Belanja barang masih menjadi komponen utama pola konsumsi turis China. Namun, tidak ada perubahan signifikan nilai belanja warga China luar negeri.

Berbeda dengan pola belanja dalam negeri warga China yang terus meningkat seperti pernyataan pihak SAFE. Menurut Organisasi Pariwisata Dunia (UN-WTO), jumlah wisatawan akan mencapai 1,8 miliar pada 2030. Menurut China Daily, China diperkirakan akan mengalami pertumbuhan pasar pariwisata yang sangat pesat dan akan berperan penting dalam pembangunan sektor pariwisata.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA