Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

Saturday, 20 Safar 1441 / 19 October 2019

IPB University Apresiasi Para Inovator

Ahad 06 Oct 2019 13:38 WIB

Red: Irwan Kelana

Rektor IPB University,  Dr Arif Satria.

Rektor IPB University, Dr Arif Satria.

Foto: Dok IPb University.
IPB University tiap tahun menggelar Tribute to Innovators.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Kekuatan IPB University sebagai kampus inovasi sudah tidak diragukan lagi. Selama 10  tahun terakhir, terhitung hingga tahun 2018, IPB University mendominasi daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN)  inovatif yang paling produktif hasil Business Innovation Center. Dari 1.155 inovasi di Indonesia, 39,91 persen adalah dari IPB University.

Hal itu  disampaikan oleh Dr Arif Satria, rektor IPB University dalam sambutannya pada acara Tribute to Innovators 2019, Jumat (4/10) di IPB International Convention Center (IICC), Bogor. Tribute to Innovators merupakan kegiatan rutin tahunan untuk mengapresiasi para dosen, para peneliti, inovator serta unit kerja dan perusahaan rintisan yang berada di lingkungan IPB University. Dalam kesempatan ini, disampaikan anugerah kepada 87 pemenang atas prestasinya dalam menghasilkan inovasi dalam 12 kategori.

“IPB University  dua tahun berturut-turut meraih penghargaan Widyapadhi dan Widyakrida. Terakhir dalam Sinta Award, IPB University mendapatkan penghargaan sebagai institusi dengan paten terbanyak. Sejumlah prestasi yang diraih IPB University selama ini merupakan buah prestasi para inovator. Juga prestasi para pimpinan IPB University, baik di fakultas maupun departemen yang terus mendorong para dosen di lingkungannya untuk tetap memberikan yang terbaik dalam pengembangan inovasi,” ujar Dr Arif.

photo
Para pemenang Tribute to Innovators 2019.

Sebanyak 400 inovasi yang dimiliki IPB University, 106 inovasi sudah terkomersialisasi. Dr Arif memimpikan agar inovasi tersebut tidak hanya komersil di tingkat nasional namun juga harus sampai internasional. Sehingga,  target di tahun 2023, inovasi IPB University bisa menginspirasi dunia, bisa tercapai.

“Orang tidak pernah membayangkan Traveloka akan bisa menjadi leading di Indonesia. Start up yang kini menjadi unicorn, bukan karena meniru best practice. Mereka menciptakan practice baru, future practice yang belum pernah dilakukan orang lain. Ini tergantung dari kreativitas  kita. Maka IPB University jangan lagi melakukan best practice saja, mulai sekarang sudah harus make practice, itu tantangan kita ke depan,” kata rektor IPB University.

“IPB University sudah mengganti tagline-nya, inspiring innovation with integrity. Kita harapkan inspiring itu adalah ujungnya. Apa yang bisa kita inspirasikan adalah inovasi yang bisa tercipta kalau kita memiliki integritas. Karena integritas yang baik akan mewujudkan kolaborasi yang baik. Dengannya kita bisa melihat dan menciptakan  sesuatu yang baru. Oleh karena itu, integritas,  inovasi dan inspirasi itu akan menyatu dan memperkuat IPB University,” ujar rektor IPB University.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA