Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Wednesday, 10 Rabiul Akhir 1442 / 25 November 2020

Setelah 50 Tahun, Abbey Road Kembali Duduki Tangga Teratas

Ahad 06 Oct 2019 13:01 WIB

Rep: Ronald Ricardo (cek n ricek)/ Red: Ronald Ricardo (cek n ricek)

Grup musik The Beatles

Grup musik The Beatles

Foto: Youtube
Beatles kembali membuktikan eksistensinya di belantika permusikan dunia.

The Beatles kembali membuktikan eksistensinya di belantika permusikan dunia. Bayangkan saja, meski sudah bubar pada tahun 1970 lalu, hingga saat ini para Beatlesmania, julukan dari fans Beatles masih saja terus bertambah. Lagu-lagu mereka yang enak di dengar, ditambah pesona para The Fab Four membuat grup band asal Liverpool terus abadi.

Bahkan, salah satu album legendaris mereka, Abbey Road berhasil kembali ke puncak tangga album Inggris, 50 tahun setelah pertama kali album ini diluncurkan. Abbey Road baru saja dirilis ulang dalam versi special deluxe edition, khusus untuk perayaan 50 tahun album ini. Album spesial ini berisi 40 lagu, dengan 17 lagu sama seperti di album edisi perdana tahun 1969, dan 23 tambahan yang merupakan rekaman dan demo lagu yang belum pernah terdengar sebelumnya.

“Ini sulit dipercaya, Abbey Road masih bertahan di hati para pencinta musik setelah bertahun-tahun. Pada akhirnya, album itu memang keren sekali," kata Paul McCartney seperti dilansir Reuters, Sabtu (5/10).

Paul dan Ringo Star menjadi anggota yang tersisa dari grup band yang masuk Rock and Roll Hall of Fame 1988 itu. Dua anggota lainnya, John Lennon dan George Harrison telah lebih dahulu berpulang di tahun 1980 dan 2001.

Abbey Road sendiri dikenal dengan lagu-lagu seperti Something dan Come Together. Album ini merupakan album kedua terakhir dari Beatles sebelum bubar. Beberapa karya dari album terakhir mereka, Let it Be, direkam sebelum sesi Abbey Road.

Sumber: Reuters
Baca Juga: Rayakan 50 Tahun Album The Beatles, Ratusan Fans Berkumpul di Abbey Road

Saat diluncurkan pertama kalinya, Abbey Road bertahan pada 17 pekan di peringkat pertama hingga berakhir pada 31 Januari 1970. 49 tahun dan 252 hari berikutnya, album ini kembali ke tangga teratas, prestasi yang dihargai dengan sertifikat dari Guinness World Record.

Saat perayaan 50 tahun Abbey Road pada akhir bulan lalu, ratusan orang berkumpul di zebra cross yang menjadi foto depan album Abbey Road. Lokasi persimpangan paling legendaris itu terletak di depan studio EMI, jalan Abbey, London. Foto itu diambil oleh Iain Macmillan, fotografer asal Skotlandia.

Sumber: Reuters
Selama 10 menit, Iain mengambil enam foto, dan Paul yang menentukan foto mana yang digunakan sebagai sampul depan dari album Abbey Road. Konon, Paul sampai harus menggunakan kaca pembesar untuk menentukan pilihan.

Sejak meledaknya album itu, persimpangan itu menjadi salah satu lokasi wisata di London yang selalu penuh dengan para Beatlemania, maupun wisatawan lainnya.

BACA JUGA: Cek OPINI, Opini Terkini Persepektif Ceknricek.com, Klik di Sini.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ceknricek.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ceknricek.com.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA