Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Tuesday, 16 Rabiul Akhir 1442 / 01 December 2020

Asal Muasal Pepsi Tercipta

Sabtu 05 Oct 2019 14:13 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Pepsi

Pepsi

Foto: AP
Pepsi Inc harus pergi meninggalkan pasar di Indonesia.

Warta Ekonomi.co.id, -- Perusahaan minuman berkarbonasi asal Amerika Selatan (AS), PepsiCo Inc harus pergi meninggalkan pasar di Indonesia. Sebab, kerja samanya dengan PT Anugerah Indofood Barokah Makmur (AIBM) sudah selesai dan tidak diperpanjang.

Untuk itu, para pecinta minuman, seperti Pepsi, Mirinda, 7Up, dan Mtn Dew harus berduka per 10 Oktober 2019 mendatang tidak bisa lagi menikmatinya di Indonesia.

Guna mengenang Pepsi, mari kita simak kisah berdirinya minuman tersebut:

Melansir dari Brittanica (4/10/2019), PepsiCo Inc merupakan salah satu perusahaan makanan dan minuman Amerika yang terbesar di dunia. Produknya tersedia di lebih dari 200 negara.

Baca Juga: Selamat Tinggal Pepsi! Kok Berhenti Produksi?

Namanya diambil pada tahun 1965, ketika Pepsi-Cola Company bergabung dengan Frito-Lay Inc. Kantor pusat perusahaan berada di Purchase, New York. Pepsi-Cola pertama diciptakan oleh Caleb D Bradham (1866-1934), seorang apoteker di New Bern, North Carolina. 

Berharap untuk menduplikasi kesuksesan Coca-Cola, Bradham menamai minuman berkarbonasi rasa cola manis Pepsi-Cola pada tahun 1898. Minuman ini terbukti sangat populer, sehingga pada tahun 1902 Bradham bergabung dengan Perusahaan Pepsi-Cola.

Pada tahun 1931, merek dagang dan aset perusahaan diambil oleh Charles G Guth (1876–1948), pendiri Pepsi-Cola modern. Dia mendirikan Pepsi-Cola Company yang baru, meminta seorang ahli kimia merumuskan minuman yang lebih baik, mengatur operasi pembotolan baru, dan mulai menjual botol 12-ons yang sangat sukses dengan harga lima sen.

Baca Juga: Pepsi Pergi, KFC Pindah Lain Hati

Pada 1965, Pepsi-Cola bergabung dengan Frito-Lay Inc, pembuat makanan ringan seperti Fritos, Doritos, keripik kentang Lay, dan pretzel Rold Gold.

Perusahaan yang baru diperbesar ini melakukan diversifikasi lebih lanjut dengan membeli tiga rantai restoran — Pizza Hut Inc (1977), Taco Bell Inc (1978), dan Kentucky Fried Chicken Corp (1986; sekarang disebut KFC) —dan Seven-Up International (1986).

Mencari untuk menambah lebih banyak produk yang dianggap lebih sehat, PepsiCo mengakuisisi merek jus Tropicana dan Dole dari Seagram Company pada tahun 1998, dan pada tahun 2001 bergabung dengan perusahaan Quaker Oats untuk membentuk divisi baru, Quaker Foods and Beverages.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA