Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Sunday, 18 Rabiul Akhir 1441 / 15 December 2019

Dubes AS Kunjungi Kalbar untuk Perkuat Hubungan Bilateral

Sabtu 05 Oct 2019 13:37 WIB

Rep: Dwina Agustin/ Red: Esthi Maharani

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr memberikan sambutan saat peresmian gedung baru Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Dubes Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr memberikan sambutan saat peresmian gedung baru Kedubes AS di Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (19/3/2019).

Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Hubungan AS-Indonesia sudah selama 70 tahun

REPUBLIKA.CO.ID, KAYONG UTARA --   Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Joseph R Donovan Jr kunjungi  Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Acara tersebut dilakukan dalam peringatan 70 tahun Hubungan Bilateral Amerika Serikat-Indonesia pada tahun 2019.

“Sebagai bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik antara kedua negara, kami disini untuk merayakan hal yang dapat dicapai melalui kemitraan antar masyarakat kedua negara,” kata Duta Besar Donovan  melalui pernyataan resmi, Sabtu (5/10).

Donovan  melakukan kunjungan ke Alam Sehat Lestari (Klinik ASRI), sebuah lembaga non-profit yang bekerja di bidang konservasi hutan dan kesehatan Kayong Utara, Kalimantan Barat pada hari Jumat (4/10). Tempat ini dibangun dengan sumbangan dari masyarakat Amerika Serikat.

"Klinik ASRI adalah contoh luar biasa dari kemitraan ini, menyatukan penduduk setempat, dan pemerintah daerah untuk menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas tinggi yang terjangkau, dan mendukung masa depan hutan yang berharga di Kayong Utara," kata Donovan.

Direktur Eksekutif ASRI Nur Febriani mengatakan, Klinik ASRI telah lama membina hubungan serta mendapatkan dukungan dari masyarakat Amerika Serikat dan Kedutaan Amerika Serikat untuk Indonesia. Bantuan ini mendorong masyarakat untuk peduli dengan hutan hujan tropis di Kalimantan.

"Dukungan pelayanan kesehatan dan pemberdayaan ekonomi untuk masyarakat di sekitar Taman Nasional Gunung Palung dan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya sebagai wujud terima kasih karena telah menjaga hutan, paru-paru dunia, yang sangat penting bagi keberlangsungan planet ini,” ujar Nur..

Program ASRI mendapatkan dukungan pendanaan program konservasi melalui Badan Pembangunan Amerika Serikat (USAID) dan US Fish and Wildlife Service (USFWS). Beberapa program tersebut seperti, mata pencaharian alternatif untuk penebang pohon (loggers), pembuatan pupuk organik, dan pemberian kambing untuk para janda.

Hingga saat ini, banyak mahasiswa dan professional dari Amerika Serikat yang datang berkunjung dan belajar dari ASRI sebagai organisasi planetary health yang mengintegrasikan kesehatan dengan lingkungan. Kunjungan Dubes AS ini diharapkan dapat mendorong semakin kuatnya hubungan antara masyarakat Indonesia dengan Amerika Serikat.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA