Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Wednesday, 15 Sya'ban 1441 / 08 April 2020

Di Bawah Komando Daniel Zhang, Alibaba Punya Target Baru

Sabtu 05 Oct 2019 14:38 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Alibaba Grup (ilustrasi)

Alibaba Grup (ilustrasi)

Foto: REUTERS
Daniel Zhang saat ini memiliki tantangan yang luar biasa di Alibaba

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta -- Jack Ma telah resmi pensiun dari Alibaba per (10/9/2019) lalu. Kini perusahaan besutan Ma tersebut dipimpin oleh Daniel Zhang yang menjabat sebagai CEO dan Executive Chairman Alibaba Group.

Mengemban jabatan tinggi bukanlah sesuatu yang mudah. Terlebih lagi memimpin perusahaan sebesar Alibaba yang namanya telah mendunia.

Untuk itu, Zhang saat ini memiliki tantangan yang luar biasa. Dalam Apsara Conference yang berlangsung belum lama ini, Zhang memaparkan target perusahaan untuk lima tahun ke depan, berikut targetnya:

Melayani satu miliar pengguna aktif per tahun

Alibaba Group menargetkan untuk melayani setidaknya satu miliar pengguna aktif per tahun dan mendapatkan Gross Merchandise Volume (GMV) senilai RMB1 riliun melalui bisnis konsumen di Tiongkok sebelum akhir tahun fiskal 2024.

Baca Juga: Alibaba Ciptakan Teknologi Canggih Ini untuk Cegah Krisis Pangan

 berkuasa, yakni untuk memudahkan aktivitas bisnis dimana pun dan kapan pun. Pembaruannya adalah dengan membekali merchant dengan pengetahuan teknologi data dan cloud intelligent.

Memenuhi kebutuhan konsumen

Target kedua ini dirasa umum untuk suatu perusahaan. Alibaba Gorup tercatat memiliki 860 juta pengguna aktif tahunan per Juni lalu

Meski jumlah konsumen Alibaba Group terus meningkat, Daniel Zhang menyatakan tak kalah penting bagi perusahaan untuk terus memenuhi kebutuhan konsumen secara holistik dan memberikan pelayanan terbaik pada semua platform dalam ekonomi Alibaba.

Baca Juga: Pasca Ditinggal Jack Ma, Alibaba Jual . . . Demi E-Commerce

“Saat ini, kami terus berusaha untuk memenuhi kebutuhan konsumen, agar kami bisa berfokus lebih pada populasi konsumen digital. Kami bisa mengandalkan sinergi yang baik antarlini bisnis Alibaba, sehingga kami bisa meningkatkan jumlah konsumen di seluruh ekosistem digital Alibaba,” ungkapnya.

Ciptakan ratusan cara baru berbisnis

Visi ini merupakan panduan dari Jack Ma. Ia memiliki visi bahwa masa depan bisa didefinisikan dalam ‘5 New’ lima cara baru berbisnis, yaitu New Retail, New Finance, New Manufacturing, New Technology dan New Energy.

Daniel Zhang mengatakan lima visi tersebut kini telah menjadi kenyataan dan berkembang jauh. Tak hanya lima tren baru, namun mencapai seratus bahkan puluhan ribu tren baru, seiring dengan transformasi digital industri, organisasi, kota dan sekolah.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA