Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Lihat Alutsista dari Dekat, Warga Datang Lebih Pagi

Sabtu 05 Oct 2019 12:30 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Friska Yolanda

Siswa mencoba membidik sasaran dengan senapan mesin berat DShK-38 saat Pameran Alutsista TNI di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (3/10/2019). P

Siswa mencoba membidik sasaran dengan senapan mesin berat DShK-38 saat Pameran Alutsista TNI di Alun-alun Rangkasbitung, Lebak, Banten, Kamis (3/10/2019). P

Foto: Antara/Asep Fathulrahman
Warga penasaran dengan bentuk nyata alutsista yang selama ini hanya dilihat di TV

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Masyarakat mulai memadati area penonton Upacara HUT TNI ke-74 di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10). Mereka hendak menyaksikan parade alat utama sistem persenjataan (alutsista) dan atraksi pesawat milik TNI.

"Mau nonton parade saja. Ini juga bisa buat hiburan di akhir pekan," ujar Akhmad (25), salah seorang warga Pondok Labu, Jakarta Selatan, itu kepada Republika.co.id, Sabtu (5/10).

Akhmad sudah berada di lokasi sekitar pukul 05.30 WIB. Ia datang beberapa jam sebelum proses upacara dimulai. Ia sengaja datang lebih awal agar tidak susah mencari tempat parkir kendaraan sepeda motor dan bisa melihat upacara dari barisan depan penonton.

Berdasarkan pantauan, masyarakat sudah berkumpul di area penonton mendekati pukul 06.00 WIB. Area penonton berada sekira 400 meter di sisi kiri panggung utama. Para penonton berada di dekat alutsista yang terparkir.

Selain Akhmad, ada Taufan (24) yang juga datang karena ingin melihat atraksi pesawat milik TNI. Ia penasaran dengan bentuk nyata alutsista TNI, yang selama ini hanya bisa ia lihat di televisi. Ia memanfaatkan pelaksanaan upacara HUT TNI ke-74 yang dilaksanakan di Halim ini karena lokasinya tak sejauh tahun lalu.

"Kemarin di Cilegon jauh dari rumah saya. Sekarang mumpung di Halim jadi saya ke sini," katanya.

Sekira pukul 06.30 WIB, sejumlah pejabat negara sudah mulai berdatangan. Pejabat di lingkungan TNI yang hadir, di antaranya Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal Andika Perkasa, Kepala Staf Angkatan Udara, Marsekal Yuyu Sutisna, dan Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana Siwi Sukma Adji.

Selain itu, ada pula pejabat negara lain, beberapa di antaranya Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Wiranto, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Terlihat pula di lokasi Shinta Nuriyah, Ketua KPU Arief Budiman, mantan Panglima TNI, Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo, mantan Kepala BIN, Jenderal (Purn) AM Hendropriyono, dan lainnya.

Upacara bertajuk "TNI Profesional Kebanggaan Rakyat" akan dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo. Bertindak selaku Komadan Upacara adalah Asops Dankormar, Kolonel Mar Y Rudy Sulistyanto.

Pengucap Sapta Marga pada upacara ini merupakan srikandi TNI, yaitu Letda Chk (K) Rizka Ayu Rahmah dari STHM Ditkumad, didampingi Letda Laut (P/W) Risma Gusty Maria Simangunsong dari Kolat Armada, dan Letda Kal Dewa Ayu Ardikna Suari daei Skadron Udara III Lanud Halim PK.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA