Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Senin, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 Januari 2020

Baru Diputar, Joker Raup 13,3 Juta Dolar AS

Sabtu 05 Okt 2019 10:49 WIB

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Reiny Dwinanda

Film Joker

Film Joker

Foto: Warner Bros via AP
Film Joker baru memulai debutnya pekan ini di AS.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Film Joker baru saja memulai debutnya pekan ini. Joker langsung mencetak rekor box-office dengan perolehan 13,3 juta dolar AS.

Film produksi Warner Bros itu sekaligus menyalip pencapaian Venom yang rilis di bulan Oktober tahun lalu. Venom memperoleh 10 juta dolar AS di hari pertama tayang dan mencatatkan keuntungan total 80,3 juta dolar pada akhir pekan pemutaran perdananya.

Joker sempat dikhawatirkan dapat mempengaruhi penonton melakukan tindakan kekerasan. Alhasil, film yang dibintangi Joaquin Phoenix ini diberi rating "R" yang artinya ditujukan untuk pemirsa dewasa karena sarat adegan kekerasan.

Baca Juga

Sebuah bioskop di Huntington, Kalifornia membatalkan dua kali pemutaran Joker pada Kamis malam karena menerima ancaman. Namun, penayangan esok harinya tetap dilanjutkan.

Phoenix dan sutradara film Todd Phillips tetap bersikeras melanjutkan penayangan film ini. Phoenix merasa penonton sudah dapat membedakan tindakan yang benar dan yang salah.

Kepolisian di kota-kota besar Amerika Serikat bersiaga pada Kamis, saat film Joker mulai ditayangkan di bioskop. Promosi film selama beberapa pekan terakhir mengundang kekhawatiran akan kekerasan yang mungkin timbul dari sosok penyendiri yang kerap dirundung itu tampil menggelisahkan di sinema arahan Todd Phillips itu.

Pemerhati film menyebut akting Phoenix, seorang penyendiri terbuang yang menemukan ketenaran melalui aksi-aksi kekerasan, sebagai penampilan yang brilian, namun menakutkan. Tokoh jahat dari DC Comics itu diasosiasikan dengan penembakan masal pada tahun 2012 di sebuah bioskop di Aurora, Colorado, pinggiran kota Denver, saat pemutaran film Batman: The Dark Knight Rises.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA