Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Thursday, 18 Rabiul Akhir 1442 / 03 December 2020

Makan Kacang Bisa Membantu Menjaga Berat Badan

Sabtu 05 Oct 2019 04:42 WIB

Rep: Inas Widyanuratikah/ Red: Andi Nur Aminah

Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.

Kacang-kacangan merupakan salah stau makanan kaya serat.

Foto: Pixabay
Menambah kacang-kacangan dalam diet dapat membantu mempertahankan berat badan.

REPUBLIKA.CO.ID, BOSTON -- Sebuah penelitian melaporkan bahwa memakan kacang-kacangan dapat membantu seseorang dalam menjaga berat badan berlebih. Terutama, ketika kacang-kacangan digunakan untuk mengganti makan makanan yang tidak sehat.

Para peneliti melakukan penelitian kepada 126.190 orang dewasa paruh baya dalam keadaan sehat. Pada awalnya, para peserta biasanya memiliki berat badan yang sehat atau sedikit kelebihan berat badan. Pada akhir penelitian, sekitar 17 peserta mengalami kegemukan.

Berdasarkan penelitian tersebut, orang yang meningkatkan total konsumsi kacang hingga setengah porsi sehari atau 14 gram, memiliki kemungkinan menjadi gemuk tiga persen lebih kecil. Meningkatkan konsumsi kenari harian dengan jumlah yang sama memberikan peluang obesitas 15 persen labih kecil.

Baca Juga

Menambah kacang-kacangan dalam diet dapat membantu mempertahankan berat badan. Hal tersebut diungkapkan penulis senior dari Brigham and Women's Hospital, Deirdre Tobias.

"Kandungan lemak dan serat yang tinggi dan sehat mengenyangkan lebih lama dibandingkan dengan karbohidrat olahan dan makanan lain yang lebih mudah dicerna," kata Tobias.

Ia juga mengatakan, memakan kacang akan mengurangi kecenderungan seseorang memakan makanan lain yang tidak sehar. "Jadi, meskipun kacang dianggap padat kalori, asupannya cenderung menggantikan kalori lain dalam diet," kata dia.

Meskipun demikian, Tobias mengatakan untuk mendapatkan manfaat kesehatan terbesar dari kacang adalah, orang harus menghindari kacang yang dilapisi dengan garam dan gula.

Setiap tahun, di dalam penelitian tersebut, peserta memperoleh rata-rata 0,32 kilogram berat badan. Tetapi, setiap setengah porsi kacang yang ditambahkan ke makanan sehari-hari dikaitkan dengan kenaikan berat badan yang lebih sedikit.

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA