Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

F1 Bantah Ada Tambahan Tim Baru pada 2021

Sabtu 05 Oct 2019 02:28 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Didi Purwadi

Balapan F1

Balapan F1

Foto: EPA-EFE/Zurab Kurtsikidze
Campos Racing mengaku dalam tahap negosiasi untuk bergabung dengan balapan F1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Formula Satu (F1) membantah adanya pembicaraan serius tentang calon tim baru untuk musim 2021 nanti. Bantahan tersebut keluar menyusul adanya rilis dari MIM Grup yang memiliki hubungan dengan Campos Racing, mengatakan Campos ingin naik ke F1 ketika peraturan baru dimulai pada 2021.

Dalam pernyataan tersebut disebutkan Campos yang sedang tergabung di F2 dan F3, sedang berada dalam tahap negosiasi dengan tim F1 dan produsen mesin untuk memastikan kemitraan terbaik untuk tim F1 yang kompetitif pada 2021 dan selanjutnya.

Campos mempekerjakan pembalap asal Australia, Alex Peroni di F3. Campos saat ini dimiliki oleh mantan pembalap, Minardi Andrian Campos, yang membentuknya pada 1997.

MMI Grup juga menunjuk staf teknis dan manajerial utama. Mereka sedang melakukan pembicaraan dengan Renault dan Honda terkait kesepakatan pasokan mesin.

Selain itu, pembicaraan juga dilakukan tentang Pascal Wehrlein dan Alex Palou sebagai calon pengemudi di bawah kontrak MIM Grup. Kemudian mantan insinyur F1, Peter McCool, disebut akan menjabat sebagai direktur teknis serta Ben Wood sebagai Kepala aerodinamika.

Penyataan tersebut juga mengklaim perwakilan mereka telah bertemu dengan CEO F1, Chase Carey dan direktur motorsport, Ross Brawn. CEO Campos Racing, Salvatore Gandolfo, mengatakan bergabung dengan F1 akan menjadi proyek jangka panjang.

''Kami menyadari tantangan besar di depan kami, tetapi kami memiliki tim ahli yang bekerja siang dan malam dan soliditas finansial yang dibutuhkan oleh FIA untuk membuat proyek ini sukses,'' kata Gandolfo, dikutip dari Foxsports, Jumat (4/10).

Dia menilai ada peluang besar bagi tim kecil untuk bersaing di F1 dengan adanya batasan anggaran baru, distribusi pendapatan dan peraturan teknis dan olahraga baru. Sehingga, kejuaraan F1 akan lebih menarik dan seimbang kembali.

Kendati demikian, F1 langsung membantah adanya pembicaran serius mengenai Campos. F1 menegaskan tak ada diskusi untuk calon tim baru baik secara perorangan maupun perusahaan.

''Mengikuti publisitas dalam beberapa hari terakhir dari beberapa entitas yang telah mengindikasikan ambisi mereka untuk berpartisipasi dalam Kejuaraan Dunia Formula Satu FIA mulai tahun 2021, sementara Formula 1 menghargai minat mereka. Kami dapat mengonfirmasi bahwa tidak ada diskusi serius dengan siapapun atau perusahaan tentang penerimaan tim baru," demikian bunyi bantahan F1.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA