Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Unpad Gandeng BNI Syariah untuk Layanan Keuangan Pendidikan

Kamis 03 Okt 2019 15:14 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Friska Yolanda

BNI Syariah menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam rangka memperluas layanan keuangan untuk pendidikan.

BNI Syariah menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad) dalam rangka memperluas layanan keuangan untuk pendidikan.

Foto: BNI Syariah
BNI Syariah menjadi solusi bagi civitas yang ingin bertransaksi sesuai syariah.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- BNI Syariah resmi menjalin kerja sama dengan Universitas Padjadjaran (Unpad). Kerja sama ini dalam rangka memperluas layanan keuangan untuk pendidikan.

Baca Juga

Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan nota kesepahaman antara Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo dan Plt Rektor Universitas Padjajaran, Rina Indiastuti, Kamis (3/10). Abdullah Firman Wibowo mengatakan melalui kerja sama dengan Universitas Padjajaran ini diharapkan BNI Syariah dapat memberikan solusi yang hasanah bagi segenap civitas akademika Unpad. Terutama dalam bertransaksi keuangan sesuai prinsip syariah. 

“UNPAD merupakan salah satu universitas terbaik di Indonesia dengan peminat terbanyak se-Indonesia di Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) maupun Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMTPN) sejak 2012-2018. Sebagai Hasanah Banking Partner, kami siap menyediakan layanan yang terbaik bagi UNPAD dan semoga seluruh civitas akademika dapat memanfaatkan produk dan layanan BNI Syariah,” kata Abdullah Firman Wibowo. 

Ia mengungkapkan kerja sama yang ditandangani di antaranya terkait pemanfaatan produk dan jasa layanan perbankan syariah, pengembangan SDM (Sumber Daya Manusia) bagi mahasiswa, kerjasama CSR (Corporate Social Responsibility) bidang pendidikan. Serta kerja sama penerimaan pembayaran biaya pendidikan melalui sistem host to host dan pemanfaatan produk pembiayaan bagi pegawai dan dosen.

Menurutnya layanan host to host adalah layanan sistem transaksi yang mengintegrasikan teknologi informasi institusi dengan bank. Sehingga transaksi pembayaran yang dilakukan oleh mitra institusi secara real time dapat diketahui dan direkonsiliasikan oleh intitusi. 

Ia menyebutkan saat ini Universitas Padjajaran memiliki total 32.737 mahasiswa aktif dan 4.000 pegawai. Kerja sama ini dapat memberikan potensi bisnis juga bagi BNI Syariah.

“Ditargetkan, BNI Syariah dapat menggarap potensi bisnis sebesar Rp 10 miliar untuk tahap awal kerja sama,” ujarnya.

Dalam hal ini, kata dia, UNPAD sebagai instusi yang memanfaatkan layanan host to host BNI Syariah sebagai fasilitas pembayaran kuliah mahasiswa. Pada setiap periode pembayaran kuliah, mahasiswa cukup menunjukkan Nomor Induk Mahasiswa (NIM), dan tagihan secara otomatis akan tampil pada layar petugas teller. Selanjutnya mahasiswa dapat melakukan pembayaran baik secara transfer maupun tunai. 

Pada kesempatan ini BNI Syariah juga menyerahkan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi Universitas Padjajaran berupa Beasiswa Hasanah Rp 100 juta.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA