Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Saturday, 26 Rabiul Awwal 1441 / 23 November 2019

Jokowi Minta Kampus Bantu Tingkatkan SDM Papua

Kamis 03 Oct 2019 13:45 WIB

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Esthi Maharani

Menristekdikti M Nasir bersama para rektor perguruan tinggi, usai menemui Presiden Jokowi, Kamis (3/10).

Menristekdikti M Nasir bersama para rektor perguruan tinggi, usai menemui Presiden Jokowi, Kamis (3/10).

Foto: Republika/Sapto Andika Candra
Perguruan tinggi diminta ikut membantu Papua melalui jalur pendidikan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo ( jokowi ) meminta seluruh perguruan tinggi di Tanah Air untuk bersama-sama ikut membangun sumber daya manusia (SDM) masyarakat Papua dan Papua Barat. Hal ini disampaikan Jokowi kepada para rektor yang tergabung dalam Forum Rektor Indonesia (FRI) dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) saat berkunjung ke Istana Merdeka, Kamis (3/10).

"Tadi ada pesan mendasar kepada kita semua sebagai pengelola pendidikan tinggi, untuk kita sama-sama membantu Papua. Persoalan Papua cukup kompleks dan diminta oleh Presiden bagaimana perguruan tinggi ikut membantu melalui jalur pendidikan, pengembangan SDM di Papua, atau pendekatan kultural," jelas Rektor Universitas Hasanuddin, Makassar, Sulsel, Dwia Aries Tina Pulubuhu, Kamis (3/10).

Selain itu, para rektor juga menyampaikan sejumlah rekomendasi kepada Presiden Jokowi yang akan melanjutkan kepemimpinannya dalam lima tahun ke depan. Sejumlah isu yang dibahas bersama presiden, antara lain soal ketahanan energi, kedaulatan pangan, dan upaya mengembalikan pendidikan Pancasila sebagai model pendidikan yang baik.

"Kita juga bicara soal multikulturalisme yang harus dikelola dengan  baik untuk mencegah adanya intoleransi dan susupan radikalisme. Di antaranya itu ada tema-tema strategis," katanya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA