Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Saturday, 7 Rabiul Awwal 1442 / 24 October 2020

Pemkab Aceh Barat Minta Ulama Awasi Pemerintahan

Kamis 03 Oct 2019 04:00 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Sejumlah pelajar mengikuti pawai taaruf di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Selasa (10/9/2019).

Sejumlah pelajar mengikuti pawai taaruf di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat, Aceh, Selasa (10/9/2019).

Foto: Antara/Syifa Yulinnas
Peran aktif ulama penting untuk mengawal jalannya pemerintahan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH— Bupati Aceh Barat, Provinsi Aceh, H Ramli MS meminta ulama dan tokoh agama di daerah itu agar memberikan masukan dan berperan aktif dalam mengawasi jalannya pemerintah di daerah.

"Ulama harus aktif menyampaikan berbagai masukan kepada pemerintah daerah, agar setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah tepat sasaran dan bermanfaat bagi masyarakat luas," katanya saat menghadiri Forum Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) di Meulaboh, Rabu (2/10).

Menurutnya, selama ini ulama tidak terlalu berperan aktif karena tidak diberikan peran oleh pemerintah.

Baca Juga

Melalui momentum ini, dia berharap para ulama dan tokoh agama dapat berperan dalam memberikan masukan, saran dan menyampaikan teguran kepada umara (pemerintah), baik secara langsung maupun melalui forum resmi.

Sehingga, kata dia, nantinya setiap kebijakan pemerintah yang sudah dijalankan atau belum dilaksanakan, dapat dilakukan dengan baik, dengan mempertimbangkan berbagai masukan dari seluruh komponen masyarakat.

Tidak hanya itu, katanya, masukan dari kalangan ulama juga diharapkan mampu mengembangkan penerapan syariat Islam di Provinsi Aceh yang selama ini sudah berlangsung dengan baik.

Dia juga berharap, melalui forum ulama tersebut nantinya dapat melahirkan rekomendasi bagi pemerintah, dalam mengawal pelaksanaan syariat Islam, syiar Islam dan pembangunan akidah umat di Aceh.

Sementara itu, ketua panitia pelaksana, Kudri, mengatakan kegiatan bernilai strategis bagi Aceh karena bukan hanya sarana silaturhami, koordinasi atau pun konsolidasi.

Forum ini bertujuan untuk menjawab tantangan zaman dan melalui kegiatan ini diharapkan ulama dan umara dapat melindungi akidah umat Islam di Aceh agar semakin lebih baik sesuai dengan ajaran agama Islam.

 

  

 

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA