Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Monday, 25 Jumadil Awwal 1441 / 20 January 2020

Persipura Tembus Papan Atas Usai Jinakkan Tira Persikabo

Rabu 02 Oct 2019 17:56 WIB

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah

Liga 1

Liga 1

Foto: Dok PSSI
Tira Persikabo kini sudah menjalani tujuh pertandingan tanpa kemenangan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Persipura Jayapura menapak ke papan atas usai menaklukkan PS Tira Persikabo 3-0 pada laga pekan ke-22 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, Rabu (2/10) sore. Tim Mutiara Hitam yang sebelumnya menempati posisi tujuh, kini berada di empat besar dengan nilai 33 dari 20 laga. 

Baca Juga

Sementara Tira Persikabo belum mampu memutus periode buruk setelah sempat tampil mengilap pada putaran pertama. Tira Persikabo kini sudah menjalani tujuh pertandingan tanpa kemenangan. Posisi Laskar Padjajaran di posisi kedua rawan tergusur. Sebab dengan nilai 36, tim asuhan Rahmad Darmawan sudah menjalani 22 laga.

Jalannya laga

Persipura menciptakan gol cepat pada menit keempat lewat Todd Rivaldo Ferre. Ia melepas tendangan keras di kotak 16 saat mendapatkan bola rebound dari pemain belakang Tira Persikabo.

Gelombang serangan terus diberikan oleh Persipura ke lini pertahanan Tira Persikabo. Hingga pada menit ke-15 tim tamu kesulitan keluar dari tekanan Persipura. Skuat Mutiara Hitam memaksa penggawa Tira Persikabo bermain di separuh lapangan pertahanannya sendiri. Beberapa kesalahan kerap dilakukan pemain tengah Tira Persikabo sehingga justru memberikan keuntungan kepada Persipura.

Hingga menit ke-20 Tira Persikabo belum memberikan ancaman berarti ke gawang yang dijaga oleh Dede Sulaiman. Upaya yang dilakukan pemain tengah Persikabo hanya memberikan umpan-umpan jauh sehingga dapat dengan mudah dipatahkan oleh pemain belakang Persipura. Tira Persikabo baru mampu melepaskan tembakan ke arah gawang pada menit ke-24. Namun, tendangan Louis Parfait masih meleset.

Pada menit ke-26, Persipura hampir memperlebar kedudukan saat Louis Kabes mengeksekusi tendangan bebas beberapa meter dari kotak 16. Beruntung bagi Tira Persikabo, tendangan melengkung Louis Kabes hanya berada tipis di atas mistar gawang Syahrul Trisna. Tira Persikabo akhirnya mampu memberikan ancaman ke gawang Persipura pada menit ke-30, namun umpan matang ke kotak penalti yang dilesatkan oleh Rifad gagal dikonversi menjadi gol oleh pemain depan Tira Persikabo.

Tira Persikano kembali mendapatkan peluang pada menit ke-38 saat kiper Persipura, Dede Sulaiman gagal menangkap bola liar. Namun lagi-lagi berhasil diamankan oleh pemain belakang Persipura. Setelah mengamankan bola, Persipura langsung memanfaatkannya untuk melancarkan serangan balik dengan cepat. Titus Bonai lantas melakukan serangan individu yang mengarah langsung ke gawang, sehingga memaksa pemain belakang Tira Persikabo untuk menjatuhkan Tibo, beruntung pelanggaran terjadi di luar kotak penalti.

Pertandingan semppat diwarnai oleh kericuhan dimana pemain kecewa dengan keputusan yang diambil oleh wasit. Tensi tinggi permainan juga membuat perselisihan terjadi antara beberapa pemain dari masing-masing tim. Tapi kedua tim masih mampu meredam amarah pemain yang tersulut emosi. Laga pun dapat kembali dilanjutkan. Hingga turun minum, skor tak berubah 1-0 untuk tuan rumah.

Pada babak kedua, Louis Kabes pada menit ke-46 nyaris menambah gol bagi Persipura Jayapura. Umpan terobosan yang dilesatkan ke sisi kiri gawang Tira Persikabo hanya melenceng tipis dari tiang. Pada menit ke-52 Peripura kembali memberikan amcaman. Kemelut terjadi di dpean gawang Syahrul saat dia gagal menangkap bola dengan sempurna. Beruntung bagi Tira Persikabo, Syahrul dapat mengamankan bola yang berada di kaki Todd Ferre.

Pada menit ke-55 Tira Persikabo mendapatkan peluang saat diberikan hadiah tendangan bebas di luar kotak 16. Namun, tendangan Loris masih membentur pagar betis Persipura. Peluang selanjutnya didapat Tira Persikabo saat Roni Sugeng berhasil merebut bola dari operan pendek Persipura. Roni langsung berlari ke arah gawang melewati pemain belakang Persipura. Hal itu memaksa Ribeiro untuk melakukan pelanggaran dan mendapatkan kartu kuning keduanya. Persipura pun harus bermain dengan 10 pemain sejak menit ke-63.

Pelatih Tira Persikabo Rahmad Darmawan kemudian mengubah strategi melawan 10 pemain Persipura. Dia mengganti Ryan Kurnia dengan Prisca Womsiwor dan Muhammad Kasim dengan Rezky Ikhwan. Namun, sepuluh menit sejak Persipura bermain dengan sepuluh pemain, Tira Persikabo belum berhasil memanfaatkan situasi untuk menyamakan kedudukan. Bahkan, Persipura masih mampu memberikan ancaman.

Pada menit ke-75, Tira Persikabo mulai menggempur pertahanan Persipura. Beberapa kali Laskar Pajajaran mendapatkan peluang dari tendangan sudut. Namun, umpan-umpan tersebut belum dapat dikonversi menjadi gol. Kiper Persipura, Dede Sulaiman mampu mengamankan bola saat berduel di udara dengan pemain Tira Persikabo.

Bermain dengan sepuluh orang tampaknya tidak membuat Persipura kesulitan menghadapi penggawa Tira Persikabo. Pada menit ke-83, skuat Mutiara Hitam mampu menambah keunggulan kembali lewat Todd Ferre. Menerima umpan matang dari Telaubun di kotak penalti, Todd Ferre dengan mudah mencetak gol keduanya.

Pada menit pertama injury time, Tira Persikabo mendapat hukuman penalti karena salah satu pemainnya melanggar Todd Ferre di kotak 16. Boaz Solossa yang bertindak sebagai eksekutor tendangan titik putih berhasil menggetarkan gawang Tira Persikabo. Laga pun berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Persipura.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA