Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Wednesday, 25 Jumadil Akhir 1441 / 19 February 2020

Pemprov Papua Komitmen Jaga Warga Perantau di Wamena

Rabu 02 Oct 2019 13:33 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Andi Nur Aminah

Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan keterangan kepada media di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (15/11).

Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan keterangan kepada media di Bandara Sentani, Jayapura, Papua, Rabu (15/11).

Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Enembe mengaku diberi amanah untuk menjaga warga perantau supaya tidak menjadi korban

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Gubernur Papua Lukas Enembe mengatakan telah menerima kedatangan Wakil Gubernur Sumatra Barat dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan pascatragedi Wamena pekan lalu. Dua kepala daerah tersebut berkunjung ke Bumi Cendrawasih untuk melihat warga perantaunya yang tengah mengungsi pasca kejadian. Saat bertemu dua koleganya itu, Enembe mengaku diberi amanah untuk menjaga warga perantau supaya tidak menjadi korban.

Baca Juga

"Pak Wagub Sumatra Barat menitipkan kepada saya, saya titipkan perantau Minang di Wamena dan daerah lainnya di Papua agar saya membantu mereka tetap aman berusaha dan mencari makan di Papua," kata Enembe kepada wartawan, Selasa (2/10) malam WIB.

Wagub Sumbar dan Wakil Gubernur Sulsel kata Enembe juga memberikan bantuan buat warga pengungsi di Wamena dan Jayapura. Untuk itu, Enembe mengucapkan terima kasih atas partisipasi Pemprov Sumbar dan Sulsel karena telah membantu Papua menangani korban dan pengungsi pascatragedi kemanusiaan di Wamena.

Enembe menjelaskan Pemprov Papua berupaya sekuat tenaga mengatasi persoalan pascatragedi di Wamena. Pihaknya kata Enembe tidak bermaksud meminta bantuan dari pihak lain. Tapi mereka juga tidak bisa menolak pihak lain untuk turut membantu para korban. Terlebih dari Pemda daerah asal para pendatang yang merasa masih menjadi bagian dari korban. "Kita terima bantuan dari siapa saja. Kita tidak minta, tapi kami apresiasi siapa saja yang peduli kepada kemanusiaan," ujar Enembe.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA