Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Sunday, 6 Ramadhan 1442 / 18 April 2021

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Mobil Listrik

Rabu 02 Oct 2019 11:46 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Mobil listrik Nissan Leaf.

Mobil listrik Nissan Leaf.

Foto: Republika/Farah Noersativa
Keberadaan mobil listrik yang tergolong baru membingungkan bagi pemula.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ada banyak mobil listrik yang menggairahkan pasar dan pencinta otomotif, termasuk keluaran Tesla, Chevrolet, dan Nissan. Opsi kendaraan ini menawarkan suara mesin lebih senyap dan tentunya menjaga kelestarian lingkungan.

Memilih berbagai alternatif itu bisa membingungkan bagi pemula yang baru akan menggunakan mobil listrik, Berikut tips membeli mobil listrik yang bisa menjadi acuan, seperti dikutip dari laman Market Watch, Rabu (2/10).

Jangkauan jarak
Keterbatasan utama mobil listrik adalah jangkauan jarak yang bisa ditempuh. Pasalnya, mengisi daya mobil listrik tak semudah mengisi bahan bakar mobil biasa. Sebelum menetapkan pilihan, cari tahu apakah jangkauan mobil sesuai kebutuhan.

Infrastuktur lokal
Periksa infrastruktur pengisian daya kendaraan di daerah masing-masing sebelum membeli mobil listrik. Hal ini penting jika pemilik mobil listrik kehabisan baterai saat jauh dari rumah. Garasi di rumah pun sebaiknya bisa dimanfaatkan mengisi daya.

Insentif yang tersedia
Sejumlah negara memberlakukan insentif pembelian mobil listrik, seperti harga lebih murah untuk konsumen atau keuntungan lain. Baca situs jenama mobil listrik terkait atau informasi pemerintah setempat mengenai insentif dan syarat-syaratnya.

Biaya kepemilikan
Bukan hanya biaya membeli mobil listrik, ada pula biaya kepemilikan yang harus dikeluarkan. Misalnya, kenaikan tagihan listrik, pengaturan pengisian outlet pengisi daya, juga biaya transportasi lain saat mobil listrik sedang tak bisa dipakai.

Cek garansi
Sudah satu dekade mobil listrik berkompetisi di pasar, tetapi teknologinya masih terus tumbuh. Untuk memberikan jaminan bagi pengemudi, produsen cukup murah hati dengan garansi. Cek jangka waktu garansi dan baterai tiap mobil yang dipertimbangkan.

Sesuaikan dengan gaya hidup
Pilihan mobil listrik berukuran kecil, SUV, maupun truk, memang masih cukup terbatas. Merek dan seri kendaraan apapun yang dipilih, pastikan sesuai dengan gaya hidup. Misalnya, memiliki dua atau tiga baris kursi dan harganya sesuai kantong.

Pertimbangkan mobil hibrida
Apabila belum mantap memilih mobil listrik, pertimbangkan mobil hibrida yang memiliki sumber daya listrik sekaligus mesin konvensional. Beberapa opsinya adalah Chrysler Pacifica, Subaru Crosstrek, Outlander PHEV, Kia Niro, atau Mitsubishi MSBHY.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA