Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Tuesday, 13 Jumadil Akhir 1442 / 26 January 2021

Rahasia Panjangnya Antrean Kopi Kenangan

Rabu 02 Oct 2019 11:20 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari

Edward Tirtanata, CEO & Co-Founder Kopi Kenangan (kiri), Cynthia Chaerunnisa, CMO & Co-Founder Kopi Kenangan (tengah), dan James Prananto, COO & Co-Founder Kopi Kenangan (kanan) ingin memiliki 2500 gerai kopi kenangan atau Rumah Mantan tahun 2021.

Edward Tirtanata, CEO & Co-Founder Kopi Kenangan (kiri), Cynthia Chaerunnisa, CMO & Co-Founder Kopi Kenangan (tengah), dan James Prananto, COO & Co-Founder Kopi Kenangan (kanan) ingin memiliki 2500 gerai kopi kenangan atau Rumah Mantan tahun 2021.

Foto: Republika/Desy Susilawati
Kopi Kenangan menggunakan racikan dari empat macam biji kopi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda pernah mencoba kopi susu kekinian bernama Kopi Kenangan? Jangan-jangan Anda salah satu penggemar beratnya?

CEO Kopi Kenangan, Edward Tirtanata, menjelaskan Kopi Kenangan begitu disukai karena rasanya yang nikmat. Dalam satu bulan dua juta gelas Kopi Kenangan laris terjual.

Merek ini tidak hanya menggunakan satu jenis kopi saja. Tidak tanggung-tanggung empat jenis kopi diracik jadi satu untuk mendapatkan cita rasa yang unik.

"Kami menggunakan kopi lokal Java  West Indische Bereiding  (WIB) yaitu kopi pertama yang dibawa Belanda ke Jawa. Kami juga menggunakan kopi Flores, NTT, kopi Takengon, Aceh dan kopi Sidikalang, Sumatra. Kita campur dari empat area berbeda," ungkapnya kepada wartawan di sela acara konferensi pers dalam rangka perayaan hari kopi sedunia.

Menurutnya semua biji kopi mempunyai rasa berbeda. Kopi Jawa lebih mengeluarkan rasa cokelat dari kopinya. Sementata kopi Takengon Aceh memiliki body tebal atau kuat.

Body tebal dibutuhkan agar rasa kopi tidak kalah dengan susu dan gula yang digunakan. Kopi Sidikalang, Sumatra lebih mengeluarkan rasa karamel dan kayu manis.
"Campuran keempat kopi ini menghasilkan Kopi Kenangan yang enak. Kopi Kenangan kompleks rasanya karena dari beberapa kopi lain," ujarnya.

Rahasia lainnya Kopi Kenangan nikmat rasanya karena mesin kopi yang digunakan. Mereka menggunakan mesin kopi terbaik Italia La Marzocco dan Victoria Arduino. Investasi untuk mesin kopi menghabiskan sekitar Rp 300 juta dan setiap gerai Kopi Kenangan memiliki satu mesin kopi.

"Setengah investasi di mesin kopi. Rasa kopi tidak keluar kalau tidak gunakan mesin kopi yang baik. Bila Anda menggunakan manual brew dengan mesin kopi espresso rasanya beda banget," ungkapnya.

Selain itu, yang membedakan Kopi Kenangan dengan merek lain adalah penggunaan gula aren lokal yang berasal dari Sukabumi dan Cianjur.

"Memang beberapa coffee shop menggunakan gula aren. Apakah organik atau tidak, tidak tahu," ujarnya.

Hal lain yang jadi pertimbangan konsumen membeli Kopi Kenangan adalah harganya yang bersahabat. Untuk Kopi Kenangan Mantan yang terlaris dibanderol Rp 18 ribu dan Americano hanya Rp 15 ribu.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA