Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

BNN Depok Bentuk 60 Relawan Anti-Narkoba

Selasa 01 Okt 2019 22:30 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Endro Yuwanto

ilustrasi apartemen anti narkoba di Depok

ilustrasi apartemen anti narkoba di Depok

Relawan anti-narkoba juga akan menjadi penghubung BNN ke masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID,  DEPOK -- Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Depok bekerja sama dengan PLN Unit Induk Pusat Pengaturan Beban (UIP2B) Gandul membentuk 60 relawan anti-narkoba. Para relawan tersebut berasal dari empat kelurahan di Kecamatan Cinere.

Kepala BNN Kota Depok, AKBP Rusli Lubis mengatakan, pembentukan relawan untuk menguatkan komitmen kecamatan dan kelurahan se-Cinere Bersih Tanpa Narkoba (bersinar). Untuk mewujudkannya, dibentuk relawan anti-narkoba di masing-masing kelurahan.

"Relawan ini terdiri dari kader PKK, Karang Taruna, RW, dan RT. Mereka dibekali wawasan tentang narkoba, cara berkomunikasi yang baik untuk sosialisasi, dan pembagian rencana aksi nyata di wilayah masing-masing," ujar Rusli saat ditemui di Balai Kota Depok, Selasa (1/10).

Rusli menjelaskan, relawan anti-narkoba juga sebagai penghubung BNN ke masyarakat. Apabila ada temuan peredaran dan penyalahgunaan narkoba di wilayah, para relawan harus melapor ke BNN Kota Depok dan atau anggota kepolisian setempat.

"Kami akan melakukan pembinaan dan evaluasi kinerja relawan di lapangan. Apabila ada kendala kami langsung turun tangan. Sampai saat ini BNN Kota Depok sudah membentuk beberapa Kelurahan Bersinar, di antaranya Kelurahan Pancoranmas, Tapos, dan Sukmajaya," kata Rusli.

Menurut Rusli, saat ini Kelurahan Pangkalan Jati berada di urutan kedelapan dalam zona merah peredaran dan penyalahgunaan narkoba di Kota Depok. Puluhan relawan anti-narkoba nantinya akan bertugas menyosialisasikan program Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). "Tak hanya sosialisasi dan aksi relawan juga akan pasang spanduk dan informasi terkait dampak dari penggunaan narkoba. Kami berharap perusahaan BUMN dan swasta lainnya seperti PLN UIP2B ikut andil dalam memberantas narkoba," ujarnya.

Senior Manager Keuangan SDM dan Organisasi PLN UIP2B, Ericson Sidabutar mengatakan, pihaknya ikut ambil bagian dalam menekan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di Kota Depok. Terutama di wilayah kerja atau lokasi berdirinya PLN UIP2B, yakni Cinere agar terbebas dari barang haram tersebut.

"Kami berharap Cinere dan dan sekitarnya terbebas dari narkoba. PLN UIP2B dan BNN menjalin kerja sama serius untuk memberantas narkoba di Kota Depok, sehingga kami ingin BNN memberikan pembinaan kepada relawan dimulai sejak lingkungan terdekat," pungkas Ericson.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA