Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Selasa, 26 Jumadil Awwal 1441 / 21 Januari 2020

Seram Banget! Blackhole Sedot Bintang Sebesar Matahari, Begini Tayangannya!

Selasa 01 Okt 2019 10:13 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Seram Banget! Blackhole Sedot Bintang Sebesar Matahari, Begini Tayangannya!. (FOTO: REUTERS/NASA/JPL-Caltech)

Seram Banget! Blackhole Sedot Bintang Sebesar Matahari, Begini Tayangannya!. (FOTO: REUTERS/NASA/JPL-Caltech)

Peristiwa pasut ini hanya terjadi sekali dalam 10 ribu hingga 100 ribu tahun.

Warta Ekonomi.co.id, Surakarta

Ruang angkasa sangat menarik dipelajari karena sangat luas dan banyak hal tentangnya yang belum dipahami. Maka tak heran ada kegembiraan yang muncul saat NASA berhasil menangkap peristiwa kosmik langka lewat teleskop terbarunya, NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite (TESS).

Teleskop itu ke merekam momen saat lubang hitam (blackhole) meluluhlantahkan bintang yang berukuran seperti matahari. Tak cukup sampai situ, lubang hitam misterius itu pun menelan bintang yang telah hancur tersebut.

"Ini pertama kalinya NASA TESS berhasil mengabadikan kejadian secara terperinci dari awal sampai akhir," jelas NASA, sebagaimana dikutip dari Ubergizmo, Senin (30/9/2019).

Baca Juga: Ngeri!! Blackhole Mulai Sedot Benda Angkasa di Sekitarnya, Pertanda Apa?

Meski proses tak ditampilkan secara nyata, teleskop itu berhasil menayangkan simulasi yang memberi gambaran kasar dari peristiwa bernama gangguan pasang surut tersebut. Jadi, Anda seolah-olah melihatnya secara langsung.

Menanggapi hal itu, Profesor Astronomi di Ohio State, Chris Kochanek mengatakan, "ini benar-benar kombinasi keduanya (nyata dan animasi) dan terkadang hal semacam ini dibutuhkan untuk mendorong ilmu pengetahuan ke depannya."

Dapat dikatakan, NASA beruntung karena bisa menangkap peristiwa pasut itu. Sebab, objek angkasa harus berada sangat dekat dengan lubang hitam. Para ilmuwan memperkirakan, peristiwa pasut hanya terjadi sekali dalam 10 ribu hingga 100 ribu tahun.

Simak video simulasi yang menunjukkan bagaimana lubang hitam meluluhlantahkan bintang di dekatnya:

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA