Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Friday, 9 Rabiul Akhir 1441 / 06 December 2019

Menikmati Vila Bergaya Eropa di Puncak Bogor

Selasa 01 Oct 2019 16:39 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Villa Puri Joya

Villa Puri Joya

Foto: Dok Villa Puri Joya
Vila Puri Joya dibangun sebagai replika istana Versailles, Prancis.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah vila supermewah bergaya klasik yang terletak di Kampung Sirnagalih, Mega Mendung Bogor, Jawa Barat kini secara resmi dibuka untuk umum. Awalnya, rumah peristirahatan ini merupakan tempat beranjangsana keluarga pebisnis Gunaevy Djajasasmita.

Vila tersebut dibangun di atas tanah seluas 63.641 meter persegi. Arsitekturnya ini terinspirasi dari bangunan bersejarah, baik kastil maupun istana di Eropa yang memesona. Awal tahun 1990 vila yang merupakan replika istana Versailles, Prancis ini terbangun dan dinamai Villa Puri Joya.

Putri pertama Gunaevy Djajasasmita, Ratih Gunaevy, mengungkapkan bahwa nama Puri Joya diambil dari nama sang ibu yakni Siti Joya Fatmi. Vila yang diapit Gunung Salak dan Gunung Gede ini mulanya memang dipersembahkan Gunaevy Djajasasmita untuk istri dan keluarganya.

"Jadi konsep vila ini dibuat se-hommy mungkin. Temanya keluarga pokoknya, keluarga bisa kumpul, anak dan cucu-cucu bisa bermain," kata Ratih saat pembukaan Villa Puri Joya di Puncak, Kabupaten Bogor, pekan lalu.

photo
Villa Puri Joya

Sebelum menuju bangunan Villa Puri Joya, pengunjung akan dibawa melintasi hamparan pohon-pohon damar yang tumbuh berjajar hingga menyerupai hutan kecil. Pengunjung akan disambut udara sejuk sesampainya di area Villa Puri Joya.

Di depan bangunan Puri Joya terdapat pilar-pilar putih yang berdiri di area yang menjorok menghadap ke Gunung Salak. Rasanya damai dan menyenangkan untuk menikmati pemandangan alam sekitar gunung sembari menyeruput kopi atau teh panas di area ini.

"Area ini dibangun karena Bapak terilhami dari bangunan yang menghadap Gunung Vesuvius di kota Pompeii, sebelah Selatan Italia dan mewujudkannya di Mega Mendung," ucap Ratih.

photo
Villa Puri Joya

Vila ini dilengkapi fasilitas seperti lapangan badminton, lapangan tenis, kolam renang dan meja pingpong yang berhadapan dengan hamparan lapangan hijau yang luas dan menyegarkan mata di seberang kanannya.

Villa Puri Joya menawarkan konsep interior elegan, terinspirasi dari gaya bangunan Eropa klasik dengan suasana khas yang memadukan warisan budaya dengan citarasa modern. Tiap-tiap ruangan diperkaya dengan beragam lukisan, patung dan replika benda interior yang dirancang eksklusif.

Vila ini terbagi menjadi dua bagian, atas dan bawah. Di area bawah terdapat dua jenis ruang keluarga, ruang makan, tempat berkaraoke, ruang bersantai dan ruang perpustakaan jika ingin menikmati ketenangan sendiri.

Tiba di atas, menyusuri lorong, empat kamar terlihat dengan dekorasi berbeda yang disesuaikan dengan si empunya kamar. Masing-masing kamar memiliki kamar mandi sendiri, ruang keluarga dengan fasilitas cukup lengkap sehingga jika ingin minum air tengah malam tidak perlu ke area bawah.

Sarana lengkap lain seperti piranti masak, makan, air panas, lemari es, HDTV layar datar, TV kabel, karaoke, dan wi-fi kian memanjakan siapapun yang menginap di vila ini.

"Kami ingin berbagi pengalaman perasaan nyaman saat berada di sini, dan mempersilakan masyarakat untuk ikut menikmati Villa Puri Joya," kata dia.

Nah, harga sewa permalamnya pun lumayan fantastis. Menurut Ratih, untuk penyewaan area lapangan dan Villa Puri Joya kalian harus membayar Rp 25 juta per malam.

Sementara jika ingin menyewa untuk resepsi pernikahan, peminat perlu mengeluarkan kocek Rp 150 juta per hari. Vila ini bisa menampung tamu sekitar 1.500 sampai 2.000 undangan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA