Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Sunday, 8 Syawwal 1441 / 31 May 2020

Book Hunter, Cara Sukabumi Gaungkan Gerakan Literasi

Senin 30 Sep 2019 17:00 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).

Seorang siswi Sekolah Dasar membaca buku komik tentang kebencanaan pada peluncurannya di Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/6/2019).

Foto: Antara/Basri Marzuki
Book hunter membiasakan siswa untuk membaca dan merangkumnya.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Beragam cara dilakukan untuk meningkatkan minat pelajar untuk membaca buku. Salah satunya dengan menggelar kegiatan book hunter yang digelar Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Kota Sukabumi.

"Book hunter yang merupakan rangkaian kegiatan bulan gemar membaca diikuti oleh para pelajar SD dan SMP,’’ ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Sukabumi, Nicke Siti Rahayu, Jumat (27/9).

Baca Juga

Lomba yang dilakukan pada Kamis (26/9) lalu ini mengharuskan para peserta mencari buku sesuai dengan tema yang telah ditentukan, kemudian dibaca dan disusun rangkumannya.

Lomba yang ditujukan untuk para pengunjung perpustakaan yang berasal dari siswa sekolah ini ungkap Nicke bertujuan untuk meningkatkan gerakan literasi dikalangan siswa. Diharapkan melalui lomba ini, para siswa terbiasa untuk mencari referensi buku yang mereka butuhkan, sehingga  generasi literat dikalangan anak sekolah dapat terwujud.

Hal ini untuk mendorong lahirnya generasi unggul yang mempunyai wawasan dan pengetahuan yang luas. Sebab, dengan terbiasa membaca maka para pelajar dapat memperoleh ilmu dan pengetahuan.

Salah seorang pelajar Ana Tri Lestari dari SMP Negeri 1 Kota Sukabumi mengatakan, ia merasa senang dengan diadakannya lomba book hunter ini. Ke depannya peserta yang mengikuti lomba ini bisa lebih banyak, melibatkan banyak sekolah, karena menurutnya ajang ini bisa bermanfaat untuk memperluas pertemanan.

Guru SMP Negeri 1 Kota Sukabumi, Lilis Wulansari menerangkan, lomba ini dapat menumbuhkan minat membaca anak dan memberi stimulus agar anak lebih sering lagi datang ke perpustakaan. Ia juga mengharapkan kegiatan ini agar selalu di laksanakan setiap tahun, dengan sosialisasi lebih merata.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA