Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Tuesday, 7 Sya'ban 1441 / 31 March 2020

Timnas Senior tanpa Pemain Persib, Ini Kata Pelatih

Ahad 29 Sep 2019 09:54 WIB

Rep: Hartifiany Praisra/ Red: Teguh Firmansyah

Pelatih Persib Robert Rene Alberts

Pelatih Persib Robert Rene Alberts

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pemain timnas dipersiapkan untuk bermain dalam kualifikasi Piala Dunia 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) memanggil 25 pemain untuk bergabung dalam timnas. Timnas senior dipersiapkan untuk bermain dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2020 melawan Uni Emirat Arab dan Vietnam. 

Baca Juga

Sayangnya, tidak ada nama pemain Persib Bandung dalam skuat pimpinan Simon McMenemy itu. Pelatih Persib, Robert Rene Alberts menanggapi santai absennya Maung Bandung ketika membela Garuda. 

"Saya pikir itu hak dari pelatih timnas untuk memilih pemain terbaik yang cocok untuk sistem yang digunakannya," kata Robert di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (28/9).

Robert mengakui Persib memiliki pemain yang bertalenta. Namun bisa saja tidak ada satu pemain dipanggil karena tak masuk skema pelatih. Untuk itu, Robert mengaku harus tetap menghormati setiap keputusan pelatih timnas. 

"Kami punya pemain yang bagus dan bertalenta tapi pemain lain punya tipe bermain yang berbeda dan itu jadi wewenang pelatih timnas. Tapi kami tetap mendukung timnas dan mendoakan hasil terbaik untuk Indonesia," kata Robert. 

Pelatih asal Belanda ini menyebut ada hal yang lebih penting dibandingkan melihat keuntungan dari tidak adanya panggilan timnas untuk Persib. Hal penting itu adalah bagaimana memotivasi pemain yang pernah dipanggil timnas. 

Seperti diketahui, nama Febri Hariyadi dan Achmad Jufriyanto menjadi nama pemain yang dipanggil timnas sejak kepemimpinan Robert. Bahkan ini kali pertama Febri absen dari panggilan timnas sejak bergabung di timnas senior. 

"Saya harus bekerja dengan mereka supaya tidak merasa kecewa. Karena setiap pemain pasti termotivasi untuk masuk ke timnas," katanya. 

Robert mengakui ada dampak tersendiri bagi pemain yang tidak lagi dipanggil timnas. Salah satunya adalah turunnya motivasi untuk bekerja keras di tim. 

"Jika setelahnya mereka tidak dipanggil karena pelatih menilai mereka tidak sesuai level yang diinginkan lalu merasa down, tugas saya untuk langsung mengatasi situasi tersebut," tutupnya. 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA