Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Friday, 29 Jumadil Awwal 1441 / 24 January 2020

Hasto: Puan Maharani Berpeluang Jadi Ketua DPR

Sabtu 28 Sep 2019 22:11 WIB

Red: Bayu Hermawan

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto

Sekjen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto

Foto: Republika TV/Muhamad Rifani Wibisono
Sekjen PDIP mengatakan Puan Maharani punya peluang besar memimpin DPR.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan Puan Maharani memiliki peluang cukup besar untuk memimpin DPR RI. Namun, Hasto mengungkapkan semua keputusan tetap berada di tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri.

"Mbak Puan tentu saja sebagai kader yang punya pengalaman sangat lengkap, di internal partai, di legislatif, eksekutif, memiliki kans yang cukup besar," katanya di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, Sabtu (28/9).

Apalagi, Hasto melanjutkan, Puan mendapatkan perolehan suara yang begitu besar mencapai 450 ribu suara sehingga menjadikannya tanggung jawab menjalankan wakil rakyat dengan sebaik-baiknya. Meski demikian, Hasto menegaskan keputusannya tetap berada di tangan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

"Tapi nanti kita tunggu keputusan Ibu Megawati," ujarnya.

Yang jelas, kata dia, sebagaimana UU MD3, PDI Perjuangan dipercaya rakyat untuk memimpin DPR melalui perolehan suara terbanyak pada pemilu. "Kami akan jalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Hasto juga memastikan bahwa PDI Perjuangan juga tidak mengenal rangkap jabatan di eksekutif maupun legislatif. "Tentu saja kita kan tidak mengenal jabatan rangkap, bahwa jabatan legislatif itu tidak bisa merangkap sebagai eksekutif. Karena itulah, Pak Laoly (Menkumham) telah mengajukan surat pengunduran diri," katanya.

Baca Juga

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA